13 April 2018
redaksi pelita 8 (2698 articles)

Warga Tanah Luas Mulai Alami Kekeringan Air Bersih

Warga kesulitan air bersih dan semakin hari air sumur makin bertambah kuning di Desa Teungoh Pulo Agam, Kecamatan Tanah Luas, Aceh Utara, Jumat (13/4/2018). Foto : Laini Wildia

ACEH UTARA – Mahasiswa/i Kuliah kerja Nyata (KKN) Universitas Malikussaleh (Unimal) kelompok 40 Angkatan XXIII dalam survei yang dilakukan di Desa Teungoh Pulo Agam, Kecamatan Tanah Luas, Aceh Utara, Jumat (13/4) mengalami kekeringan air bersih.

Warga setempat Nazarariah mengatakan, beberapa hari sebelumnya ada air PAM, tetapi sejak pertama kali mulai kedatangan Mahasiswa/i KKN Unimal di Desa ini sampai saat ini air pam mati, dikarenakan ada kabel di dalam pipa yang putus dan harus ada petugas teknisi khusus yang bisa memperbaikinya. Jika tidak segera diperbaiki, maka kami kesulitan air bersih dan semakin hari air sumur makin bertambah kuning, katanya.

“Sumur tersebut pun sangat dalam dan sudah mulai kering, namun tidak diperbaiki. Lebih lanjut Nazarariah mejelaskan, untuk memperbaiki sumur tempat air pam itu butuh teknisi khusus, sedangkan di desa ini tidak ada teknisi yang bisa perbaiki kabel yang putus di dalam sumur air pam tersebut,” ungkap Nazarariah.

Sebelumnya sudah dicoba perbaiki mesin air pam oleh Kelompok Mahasiswa KKN Unimal juga tidak bisa diperbaiki, karena rusaknya sudah terlalu parah.

Selain itu, Nazarariah mengharapkan segera ada perbaikan mesin air pam tersebut, sehingga dapat dipergunakan kembali, ujarnya.

Penulis : Laini Wildia
Editor  : R Mirza

Comments

comments