24 Mei 2018
redaksi pelita 8 (3124 articles)

Wabup Sidom Peng, Disambut Antusias di Masjid Kaki Gunung Salak

PELITA8 – Dalam kegiatan safari Ramadhan Pemkab Aceh Utara pada hari kedua, Kamis (24/5), Wakil Bupati Fauzi Yusuf akrab disapa Sidom Peng disambut antusias oleh masyarakat dan jamaah tarawih Masjid Nurul Yaqin Dusun Simpang Jaya Alue Gampong Krueng Tuan Kecamatan Nisam Antara.

Masjid yang terletak di dekat kaki Gunung Salak, lintas jalan PT KKA – Bener Meriah ini, dipenuhi seluruh unsur masyarakat sejak sore hari. Mereka dengan semangat dan bersahaja menyiapkan berbagai menu untuk berbuka puasa, termasuk gulai kambing (kuah beulangong), dan aneka hidangan khas lokal yang menggugah selera.

Menurut masyarakat setempat, mereka cukup bergembira mendapat kunjungan dari Pimpinan Daerah, apalagi dalam rangka safari Ramadhan serta menyempatkan diri untuk berbuka puasa bersama. Usai buka puasa dilanjutkan shalat Magrib berjamaah, kemudian Wabup Fauzi Yusuf didampingi Asisten dan sejumlah Kepala SKPK, berdialog langsung dengan beberapa masyarakat setempat.

Kawasan Krueng Tuan di lintas jalan PT KKA – Bener Meriah merupakan lokasi pengembangan objek ekonomi baru, terutama sektor perkebunan dan pariwisata. Kawasan ini mulai ramai dikunjungi dan dilintasi sejak dibukanya akses jalan aspal mulus tembus ke Kabupaten Bener Meriah sekitar dua tahun lalu. Bahkan sejumlah bus AKAP berbadan besar juga telah mengambil rute ini menuju wilayah tengah Provinsi Aceh.

Pada kesempatan itu, Wabup Fauzi Yusuf menyatakan optimis kawasan Krueng Tuan dan Gunung Salak akan berkembang menjadi kawasan ekonomi baru, yang dapat menggenjot pendapatan dan mata pencaharian masyarakat setempat.

Selain itu, dalam sambutannya Fauzi Yusuf mengajak masyarakat untuk meningkatkan kembali aktivitas pengajian, serta pengawasan terhadap anak-anak dari pengaruh narkoba. Dia juga mengajak seluruh komponen masyarakat untuk ambil peran aktif dalam membangun gampong, terutama pembangunan di bidang keagamaan dan aktivitas ibadah.

Shalat tarawih di Masjid Nurul Yaqin Krueng Tuan ini dipimpin oleh Tgk M Yanis (juara tilawah MTQ Aceh Utara) dan ceramah Ramadhan diisi oleh Tgk Muniruddin Paloh Gadeng.

Sementara Bupati H Muhammad Thaib dan rombongan mengunjungi Masjid Jamiek Keude Krueng Kecamatan Kuta Makmur. Dalam sambutannya Bupati mengharapkan masyarakat untuk memakmurkan masjid-masjid yang telah dibangun dengan susah payah. Lebih-lebih lagi di bulan Ramadhan, jangan hanya ramai saat shalat isya dan tarawih, tapi juga meramaikan masjid saat shalat shubuh.

Menurut Cek Mad, sapaan akrab Bupati Aceh Utara, selain dalam tim safari Ramadhan, dirinya juga aktif melakukan safari shubuh ke masjid-masjid dalam daerah ini. “Hanya amalan ini yang kita bawa ke alam kubur saat kita meninggal dunia, sedangkan semua yang lain akan lenyap dan sirna, bahkan tak berguna sama sekali,” kata Cek Mad di hadapan para jamaah.

Lebih jauh Bupati mengajak masyarakat untuk memperbesar swadaya dalam membangun masjid. Mendirikan masjid hendaknya dimulai dari swadaya masyarakat, karena kalau mengharapkan bantuan pemerintah maka akan lama terwujud.

Bersedekah atau infaq untuk masjid merupakan kesempatan untuk memupuk amalan yang akan menemani kita di alam kubur. Sedangkan harta yang lain, rumah yang besar, mobil mewah, tanah sawah atau kebun semua akan jadi milik orang lain.

Prosesi shalat tarawih di masjid Jamik Keude Krueng ini diimami oleh Tgk H Sulaiman Ilyas dan ceramah Ramadhan diisi oleh Tgk H Jalaluddin (Waled Krueng Geukueh). (*)

Comments

comments

makan jeruk