28 Oktober 2018
redaksi pelita 8 (2860 articles)

WABUP FAUZI Terima Tim Survei Akreditas Puskesmas di Aceh Utara

Wakil Bupati Aceh Utara Fauzi Yusuf berfoto dengan tim survei Akreditas Puskesmas di Hotel Lido Graha, Lhokseumawe, Minggu malam (28/10/2018).

LHOKSEUMAWE – Wakil Bupati Aceh Utara Fauzi Yusuf menerima tim survei Akreditas Puskesmas di Hotel Lido Graha, Lhokseumawe, Minggu malam (28/10).

Wakil Bupati Aceh Utara Fauzi Yusuf akrab disapa Sidom Peng menyampaikan, apresiasi kepada Tim Surveyor Akreditasi Puskesmas dari Kesehatan RI.

Perlu diketahui, Aceh Utara ini sangat luas, saat ini memiliki jumlah penduduk hampir mencapai 650 ribu jiwa, yang tersebar di 27 Kecamatan dan 852 desa.

Sehingga untuk optimalisasi layanan kesehatan primer (layanan dasar) Aceh Utara memiliki 32 unit Puskesmas, ditambah dengan 86 Puskesman Pembantu (Pustu), serta 53 Pos Kesehatan Desa (Poskesdes).

Kabupaten Aceh Utara juga memiliki satu Rumah Sakit yang berstatus BLUD yaitu Rumah Sakit Umum Cut Meutia, yang saat ini keberadaannya masuk dalam wilayah Kota Lhokseumawe.

“Kami merencanakan dalam waktu dekat ini akan mulai membangun rumah sakit lain di kawasan Lhoksukon, yang berdekatan dengan ibukota Kabupaten Aceh Utara,” papar Sidom Peng.

Pada tahun ini, Aceh Utara sudah 21 unit Puskesmas untuk akreditas. Namun awal tahun 2019 direncanakan 3 Puskesmas lagi. Sehingga harapan kita bersama pada tahun 2019 nanti semua Puskesmas telah berhasil dilakukan pembinaan dan terakreditas.

Roadmap akreditasi Puskesma di Kabupaten Aceh Utara tidak terlepas dari regulasi Kementerian Kesehatan, yaitu Pasal 39 ayat (5) Peraturan Menteri Kesehatan Nomor 75 Tahun 2014 tentang Puskesmas, serta untuk meningkatkan mutu pelayanan kesehatan dasar secara berkesinambungan, ujar Fauzi.

Wabup Fauzi juga menambahkan, kepada Dinas Kesehatan diharapkan terus memberikan pembinaan manajemen Puskesmas, mengupayakan pemenuhan standar-standar yang dipersyarakatkan, sehingga akan tercapai Visi Kecamatan Sehat dalam mencapai Indonesia Sehat.

Lanjut Fauzi, ia menegaskan perbaikan kinerja yang Bapak-Ibu laksanakan bukan hanya semata-mata untuk mencapai akreditasi saja, tetapi harus dilakukan dengan ikhlas, tegas Wabup Fauzi.

Penulis : Rahmat Mirza
Editor  : Zielva

Comments

comments