10 Juli 2019
redaksi pelita 8 (3107 articles)

Upacara HUT Bhayangkara Ke-73, Kapolres Lhokseumawe Bacakan Amanat Presiden


ACEH UTARA – Upacara HUT Bhayangkara ke-73 yang jatuh pada 1 Juli, diundur menjadi tanggal 10 Juli dikarenakan sebelumnya para personel masih bertugas mengamankan rangkaian Pilpres.

Acara puncak peringatan Hari Bhyangkara ke-73 diselenggarakan pada 10 Juli 2019 serentak se-Indonesia.

Upacara Hari Bhayangkara melibatkan personel Polri, TNI maupun komponen masyarakat.

Kapolres Lhokseumawe AKBP Ari Lasta Irawan menjadi Inspektur Upacara HUT Bhayangkara ke-73 yang diselenggarakan di Polsek Dewantara, Selasa (10/7).

AKBP Ari Lasta, dalam sambutannya membacakan amanat Presiden RI Joko Widodo, dalam kesempatan tersebut menyampaikan ucapan terima kasih kepada Polri yang telah bekerja menjaga keamanan dan ketertiban nasional.

Menurut Presiden Jokowi, Polri dan TNI telah mengamankan seluruh perhelatan internasional yang diselenggarakan pemerintah, yaitu Asian Games 2018, Asian Para Games 2018, serta IMF-World Bank Annual Meeting 2018.

Polri dan TNI juga telah mengamankan penyelenggaraan Pilkada Serentak 2018 dan Pemilu 2019, sehingga terselenggara dengan aman, damai, dan demokratis.

Seluruh agenda kemasyarakatan juga dapat terselenggara dengan aman, mulai dari perayaan Natal 2018, Tahun Baru 2019, sampai dengan Ramadhan dan Idul Fitri 2019.

Kendati demikian, Presiden melihat Polri masih memiliki banyak tantangan di masa depan. “Maka mengakhiri amanat ini, saya akan menyampaikan beberapa instruksi sebagai pedoman dalam pelaksanaan tugas,” ujar Kapolres saat membacakan amanat Presiden, Rabu (10/7/2019).

Beberapa instruksi sebagai pedoman dalam pelaksanaan tugas, diantaranya, pertama, Presiden berpesan agar Polri terus tingkatkan kualitas sumber daya manusia Polri guna menghadapi berbagai tantangan tugas yang semakin kompleks. Kedua, Presiden meminta Polri terus mengedepankan strategi proaktif dan preventif dengan pendekatan dan tindakan humanis.

Ketiga, terus tingkatkan kualitas pelayanan publik yang modern, mudah dan cepat.

Keempat, Presiden Jokowi juga meminta Polri terus meningkatkan profesionalisme dan transparansi dalam penegakan hukum, serta memberikan rasa adil kepada masyarakat.

Terakhir, perkuat koordinasi dengan TNI, kementerian/lembaga, pemerintah daerah, serta masyarakat, dalam memelihara keamanan dan ketertiban sosial.

Selesai rangkaian upacara, dilanjutkan pemberian penghargaan kepada anggota Polri dan masyarakat yang telah memberikan kontribusi dalam rangka menjaga keamanan NKRI. Dan juga hiburan rakyat lomba panjat pinang. [RM]

Comments

comments

makan jeruk