8 Maret 2017
redaksi pelita 8 (3346 articles)

Unimal Dan URI Siap Kembangkan Potensi Laut Aceh Utara


Foto (Ist)

LHOKSEUMAWE – Universitas Malikussaleh (Unimal) Aceh Utara dan University of Rhode Island (URI) Amerika Serikat ingin mengembangkan potensi laut di Aceh Utara. Hal ini disampaikan Rektor Unimal Prof. Apridar dan perwakilan URI Prof. Micenko dalam workshop potensi kelautan Aceh, di Kantor Bupati Aceh Utara, Selasa (07/03/2017).

Workshop ini di ikuti oleh Pelaksana Tugas (Plt) Sekda Aceh Utara, Dinas Kelautan dan Perikanan Aceh, Dinas Kelautan dan Perikanan Aceh Utara, Penyuluh Perikanan di Aceh Utara dan Panglima Laot.

Lebih lanjut Apridar, menyampaikan Unimal dan URI sudah menandatagani kerja sama Desember 2016 lalu di Amerika Serikat. Kerja sama ini salah satunya untuk mengembangkan potensi kelautan pemberdayaan masyarakat pesisir dan pemetaan potensi laut Aceh dan Aceh Utara.

Apridar melalui siaran pers, menyebutkan Bupati Aceh Utara H.Muhammad Thaib alias Cek Mad mendukung upaya pemanfaatan potensi laut. “Kehadiran Micenko di Aceh Utara untuk pendataan awal, lalu akan dilakukan riset bersama.

“Kita ingin ada solusi, misalnya jika kita modernisasi peralatan tangkap, solusi untuk nelayan bagaimana? Jangan sampai nelayan kecil rugi, dan ini kita cari formulasinya lewat riset,” ujarnya.

Sementara itu Micenko dalam kesempatan tersebut, menyampaikan ia banyak meneliti kawasan kelautan di sejumlah negara di Eropa maupun Asia. “Ada keunikan di Aceh, karena ada lembaga panglima laot, ini hanya ada di Indonesia, tak ada di negara lain,” sebutnya.

Disebutkan olehnya, Ia ingin hasil riset dalam waktu dekat ini bisa menjawab sebagian keluhan nelayan di Aceh yang selama ini dikeluhkan. Ketika hasil panen melimpah maka tak ada tempat penyimpanan yang besar dan tidak ada pasar. Ini harus dicari formulasi yang tepat, “ URI bersama dengan lembaga penelitian siap membantu nelayan Aceh,’. Ujarnya.

Plt. Sekda Aceh Utara Abdul Aziz mengapresiasi niat URI dan Unimal membantu pengembangan potensi pesisir dikawasan tersebut “Ini langkah maju untuk menciptakan program yang bagus demi kesejahteraan para nelayan,” katanya.

(Khaidir MG)

Comments

comments

makan jeruk