9 September 2019
redaksi pelita 8 (3292 articles)

Unik! Mahasiswa Sulap Kelapa Muda dan Pisang Menjadi ‘Keripik’

ACEH UTARA- Banyak kreativitas mahasiswa yang dimunculkan di gampong (desa) dalam menjalankan program dan tugas Kuliah Kerja Nyata (KKN), dari mahasiswa Universitas Malikussaleh (Unimal). Program inovasi terus digalakkan untuk mendongkrak perekonomian masyarakat desa.

Salah satu program mahasiswa kelompok KKN 35 yang sedang mengabdi di Gampong Meunasah Mee, Kecamatan Meurah Mulia, Aceh Utara, sangat unik dan menarik yang dihasilkan mereka. Pasalnya, mereka (mahasiswa) mengolah kelapa muda (ue pateun/bahasa Aceh) menjadi keripik kelapa.

Ketua Kelompok KKN 35, Oktifani Reksa, mengatakan, program itu merupakan inisiatif mahasiswa dengan melihat sumber daya yang ada di gampong tersebut berpotensi secara ekonomis jika dikembangkan. Sedangkan potensi yang ada di Gampong Meunasah Mee seperti pisang, kelapa, padi, dan rumbia, tentu ini sangat bagus untuk dikembangkan oleh warga setempat.

“Melihat potensi tersebut sehingga kita (mahasiswa) membuat inovasi terbaru dengan mengolah kelapa muda untuk dapat diperjual belikan. Kelapa muda hasil olahan itu menjadi keripik kelapa dengan kemasan Crispy Ala Ma Bos yang dijual seharga Rp15 ribu, biasanya harga satu biji buah kelapa hanya Rp3 ribu dan ternyata setelah diolah lebih meningkat harga jualnya,” ujar Oktifani, Minggu 8/9/2019.

Oktifani menambahkan, bahkan satu buah kelapa dapat menghasilkan tiga kemasan keripik kelapa tersebut. Di samping itu, mahasiswa juga mengajarkan cara pembuatan keripik pisang yang belum pernah diolah sebelumnya dengan rasa berbeda di gampong setempat.

“Kegiatan ini kita laksanakan untuk kaum ibu gampong tersebut, dan mereka pun sangat antusias saat megikuti acara itu. Karena mengingat sebelumnya belum pernah ada yang mengolah kelapa muda (ue pateun) menjadi keripik khususnya,” ujarnya.

Oktifani menjelaskan, dalam kesempatan itu mahasiswa juga mengajarkan warga setempat bagaimana caranya mengemaskan dalam sebuah produk. Tujuannya agar tercipta sebuah brand yang dapat dijadikan sebagai sampel dalam olahan kelapa muda maupun kemasan pisang crispy tersebut.

Penulis : Humas Kelompok KKN 35, Lailan Mahara
Editor : Iva

Comments

comments

makan jeruk