7 Desember 2017
redaksi pelita 8 (2438 articles)

TNI AL Layani Pengobatan Gratis di KRI dr Soeharso 990

Petugas medis memeriksa tekanan darah pasien di KRI Kapal Rumah Sakit terapung diPelabuhan Umum Krueng Geukueh, Aceh Utara, Kamis (7/12).Kegiatan bakti sosial TNI AL tersebut, merupakan Operasi Surya Bhaskara Jaya (SBJ) dalam rangka Sail Sabang 2017.Peita8/Rahat Mirza

ACEH UTARA – TNI Angkatan Laut, melakukan pengobatan gratis kepada masyarakat diatas kapal Republik Indonesia (KRI) dr Soeharso-990 yang sedang bersandar di Pelabuhan Umum Krueng Geukueh, Aceh Utara, yang berlangsung selama dua hari sejak tanggal 7 hingga 8 Desember 2017.

Kegiatan pengobatan gratis yang dilakukan kepada masyarakat tersebut dilakukan untuk berbagai jenis penyakit yang dilayani oleh awak KRI dr Soeharso-990, yang terdiri dari dokter spesialis berbagai jenis penyakit dan juga tenaga medis ahli.

Komandan Pangkalan TNI AL Lhokseumawe Letkol Laut (P) Muhammad Sjamsul Rizal mengatakan, kegiatan bakti sosial TNI AL tersebut, merupakan Operasi Surya Bhaskara Jaya (SBJ) dalam rangka Sail Sabang 2017.

Pengobatan gratis kepada masyarakat tersebut, juga melakukan operasi katarak, bibir sumbing, sunatan massal, donor darah bekerjasama dengan PMI Aceh Utara dan berbagai pelayanan kesehatan lainnya,seperti masalah kulit, gigi dan lain sebagainya.

“Kurang lebih ada sekitar 2.000 lebih masyarakat kurang mampu di wilayah Kota Lhokseumawe dan Aceh Utara yang kita undang untuk pengobatan gratis seperti operasi katarak dan lain sebagainya,” ungkap Danlanal Lhokseumawe Letkol Laut (P) Muhammad Sjamsul Rizal, kepada Wartawan di KRI dr Soeharso-990, Kamis (7/12).

Kegiatan tersebut merupakan bakti TNI AL kepada masyarakat dalam upaya memperkokoh kemanunggalan TNI dengan rakyat. Sehingga dengan adanya kegiatan tersebut, dapat meningkatkan kualitas kesehatan masyarakat, ujar Letkol Sjamsul Rizal.

Sementara itu, Wakil Komandan Satuan Tugas Operasi Surya Bhaskara Jaya (Wadansatgas SBJ) Kolonel Laut (K) Iswanto Budiman mengatakan, kegiatan ini dalam rangka operasi SBJ, KRI dr Soeharso membawa sebanyak 125 personil TNI AL yang melayani bakti sosial pengobatan gratis kepada masyarakat.

Sebanyak 12 tenaga dokter spesialis, 5 dokter umum, 5 dokter gigi dan selebihnya merupakan tenaga perawat ahli. Mereka ini yang akan memberikan pengobatan kepada masyarakat,” kata Kolonel Iswanto.

Untuk ruang perawatan, di atas geladak kapal KRI dr Soeharso, terdapat sebanyak 20 ranjang perawatan pria dan 20 ranjang perawatan wanita. Serta ditambah dengan 5 kamar operasi. “Kepada masyarakat yang dilakukan operasi, akan diinapkan semalam dikapal dan diberi obat secukupnya,” ujar Kolonel Iswanto.

Sebelumnya, kami mulai berangkat dari Pulau Banyak Singkil, menuju ke Pulau Simeulue, lanjut pada puncak acara yaitu di Sabang dan setelah giat Sail Sabang menuju ke Lhokseumawe di Pelabuhan Krueng Geukueh, dan berakhir di Langsa. Selanjutnya KRI dr Soeharso bertolak ke Jakarta,” pungkas Wadansatgas SBJ Kolonel Iswanto.

Penulis : Rahmat Mirza
Editor  : Zielva

Comments

comments