8 September 2019
redaksi pelita 8 (3292 articles)

Tingkatkan Ekonomi Warga, Mahasiswa Ajari Warga Buat Manisan Salak Sunti

ACEH UTARA- Mahasiswa Unimal mengadakan pelatihan cara pembuatan manisan salak asam sunti untuk meningkatkan ekonomi warga Gampong Barat Paya Itek, Kec. Meurah Mulia. Hal ini dilakukan agar warga setempat bisa memanfaatkan hasil alam yang ada.

Peserta Mahasiswa KKN Kelompok 17, Nofrin mengatakan digampong tersebut sangat banyak buah belimbing, biasanya warga setempat memanfaatkannya untuk bahan dapur yaitu asam sunti. Lalu kita mengembangkan lagi untuk membuat manisan salak sunti.

Dia menjelaskan awalnya pihaknya berinisiatif membuat sosialisasi untuk penggunaan asam sunti menjadi bumbu manisan yang memiliki  harga jual di pasar. Selain itu bahan-bahan yang digunakan sangat mudah di dapatkan di setiap rumah.

Lanjutnya, pembuatan manisan tersebut menggunakan buah salak sebagai buah pertama pemasaran,  selain itu buah-buah lain seperti mangga juga bisa digunakan.

Sedangkan warga setempat, Umi Salamah mengatakan manisan salak sunti ini nantinya akan dipasarkan. “Tentunya ini akan menjadi penghasilan tambahan untuk membantu meingkatkan ekonomi warga,”pungkasnya.

Penulis : Humas Mahasiswa KKN Kelompok 17, Darmarika

Editor : Mul

Comments

comments

Tags mahasiswa
makan jeruk