8 Juli 2017
redaksi pelita 8 (1810 articles)

Teuku Wisnu Pandu Acara Perkemahan Ilmiah Remaja Nasional ke-XVI Di Banda Aceh

Pelita8.com@ Kepala Dinas Pendidikan Aceh, Drs. Laisani, M.Si.

BANDA ACEH – Provinsi Aceh menjadi tuan rumah Perkemahan Ilmiah Remaja Nasional (PIRN) ke-XVI tahun 2017 yang berlangsung 9 s/d 16 Juli 2017 di banda aceh.

Perkemahan Ilmiah Remaja Nasional (PIRN) ke-XVI tahun 2017. Kegiatan ini rencananya akan dibuka oleh Gubernur Aceh, drh. Irwandi Yusuf, M.Sc, Jumat, (7/7) di SMA Negeri Modal Bangsa.

Kepala Dinas Pendidikan Aceh, Drs. Laisani, M.Si, mengatakan, Perkemahan Ilmiah Remaja Nasional (PIRN), mengusung tema “Dari Aceh untuk Indonesia dengan sub tema Penguatan Peran Iptek Dalam Meningkatkan Nilai Tambah Potensi Daerah Bagi Kemajuan Bangsa”.

“Tujuan digelarnya kegiatan ini untuk meningkatkan minat dan kemampuan remaja di bidang ilmu pengetahuan, membimbing remaja melaksanakan penelitian ilmiah yang terkait dengan lingkungan sekitarnya dan meningkatkan kesadaran remaja akan pemanfaatan iptek terhadap pengelolaan dan pemecahan masalah dilingkungan sekitar,” ujar Laisani.

Ia menyebutkan, jumlah peserta Perkemahan Ilmiah Remaja Nasional (PIRN) ke-XVI tahun 2017 sebanyak 600 orang yang terdiri dari perwakilan SMA/SMK dan MA se-Indonesia, dengan rinciannya 450 orang siswa dan 150 orang guru.

“Dan, dalam kesempatan ini ada sebanyak 500 orang pesertanya dari luar Aceh, menurut rencana kita akan menghadirkan Teuku Wisnu, artis berdarah Aceh yang saat ini berdomisili di Jakarta untuk memandu acara tersebut,” sebutnya.

Kadisdik menerangkan, Perkemahan Ilmiah Remaja Nasional (PIRN) diselenggarakan oleh Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) sejak tahun 2001 adalah kegiatan pembinaan ilmiah remaja.

“Bentuk kegiatan ilmiah berupa pemberian materi metodologi penelitian, penelitian di lapangan dan penulisan serta presentasi karya tulis ilmiah, mencakup bidang IPA, IPS dan IPT,” jelasnya.

Editor : MS

Comments

comments