Tanaman Hias, Laris Manis Di Tengah Covid-19

LHOKSEUMAWE –  Dampak Pandemi Covid-19 membuat roda ekonomi masyarakat sebagian lumpuh, banyak pedagang sepi pembeli dan menurunnya pendapatan. Namun berbeda dengan pedagang tanaman hias yang sedang marak di Lhokseumawe, Provinsi Aceh. Dagangan mereka laris terjual dan banyak di buru oleh pencinta bunga, Kamis (22/12/2020).

Rosdiana (61), pemilik usaha tanaman hias di desa Kutablang, Kecamatan Banda Sakti, Kota Lhokseumawe. Menyebutkan selama pandemi Covid-19 penghasilannya meningkat dua kali lipat daripada biasanya.

“Diawali dari Hobi, saya mengeluti usaha tanaman hias ini selama 30 tahun dengan memanfaatkan halaman rumah yang kosong. Namun di masa pandemi ini,  Yang dimulai dari bulan Maret 2020, para ibu rumah tangga antusias mengisi waktu luang untuk menghiasi halaman dengan tanaman. Maka dari itu daya beli bunga meningkat,”kata Rosdiana.

Lebih lanjut Rosdiana, menyebutkan untuk jenis bunga yang banyak di cari seperti Aglonema, Kaladium, Adenium Suplir, Kaktus,Aglonenema Charley Brown dan Suksom Tangkai Pendek, Anggrek, Adendium, Keladi dan banyak jenis lainnya.

Rata-rata selama pandemi, perbulan menghasilkan Rp 3 sampai  Rp 6 jutaan sedangkan pada hari biasanya sebelum corona menyerang hanya Rp 2 juta sampai 3 juta perbulan, pungkasnya.

(khaidir)