1 Maret 2019
redaksi pelita 8 (3311 articles)

Sofyan Djalil: Kartu Kuliah adalah Ekspansi dari Bidikmisi


LHOKSEUMAWE – Menteri Agraria dan Tata Ruang, Sofyan Djalil, mengatakan Kartu Kuliah yang akan digulirkan Pemerintah merupakan kelanjutan dari beasiswa bidikmisi yang selama ini sudah berjalan.

“Semua anak muda Indonesia harus mendapatkan pendidikan tinggi,” kata Sofyan Djalil ketika menyampaikan kuliah umum di Gedung ACC Universitas Malikussaleh, Lhokseumawe, Jumat (1/3/2019) sore.

Sofyan mengingatkan, meski sebagian besar mahasiswa Unimal berasal dari kalangan kurang mampu, dia berharap mahasiswa tidak bertahan dengan situasi tersebut.

“Saya prihatin banyak keluarga sekarang mengaku miskin agar mendapatkan bantuan keluarga harapan,” katanya.

Di bagian lain, Sofyan Djalil mengatakan kemajuan teknologi di satu pihak membantu manusia dalam berbagai bidang. Tapi di sisi lain, kemampuan intelektual dan spiritual yang lemah membuat banyak manusia menjadi korban teknologi, termasuk dalam menelan hoaks sebagai kebenaran. “Gunakanlah korteks dalam menyerap berbagai informasi,” katanya.

Kuliah umum dihadiri lebih dari seribu mahasiswa, padahal Gedung ACC hanya mampu menampung sekitar 400 mahasiswa. Banyak mahasiswa tidak kebagian tempat duduk, terpaksa bersila di lantai dan berada di halaman Gedung ACC Unimal.

Rektor Unimal, Herman Fithra, mengundang mahasiswa untuk mengikuti kuliah umum dan berdiskusi dengan Menteri Sofyan Djalil. (*)

Comments

comments

makan jeruk