10 Desember 2017
redaksi pelita 8 (2811 articles)

SMKM-Aceh Kembali Melatih Menulis

Sekolah Menulis dan Kajian Media (SMKM-Aceh), kembali menggelar pelatihan menulis kepada mahasiswa yang ada di Lhokseumawe, Minggu (10/11/2017). Pelita8/Rahmat Mirza

LHOKSEUMAWE – Untuk mengasah kemampuan menulis berita dan sejumlah jenis tulisan lainnya, Sekolah Menulis dan Kajian Media (SMKM-Aceh), kembali menggelar pelatihan menulis kepada mahasiswa yang ada di Lhokseumawe.

Kegiatan yang dimulai pada Minggu (10/12) tersebut, dilakukan di aula kantor Persatuan Wartawan Indonesia (PWI)Aceh Utara, yang dibuka secara resmi oleh Ketua Yayasan Suara Hati Aceh (SaHeh) Kamaruddin Hasan Kuya.

Ketua SMKM-Aceh Muchlis Gur Dhum, mengatakan, bahwa kegiatan belajar menulis untuk angkatan ke-7 diikuti oleh 35 peserta. Sedangkan waktu pelaksanaan dilakukan selama bulan Desember.

Sedangkan materinya antara lain,  teknik penulisan sastra disampaikan oleh Arafat Nur (novelis nasional), teknik penulisan opini dan artikel akan disampaikan oleh T.Kemal Fasya (akademisi Unimal) dan  teknik penulisan berita disampaikan oleh Muchlis Gur Dhum (wartawan LKBN Antara).

Sebutnya, sejak tahun 2011 kegiatan pelatihan menulis tersebut sudah memasuki angkatan ke-7. Untuk angkatan ke- dan ke-7, SMKM-Aceh dibawah binaan yayasan SaHeh, melakukan kerjasama dengan PWI Aceh Utara untuk tempat pelaksanaan kegiatan dan lain sebagainya.

Dalam kata sambutannya, Kamaruddin Hasan mengatakan, SMKM-Aceh, secara aktif telah melakukan kegiatan pelatihan menulis, sejak 2011. Kegiatan SMKM –Aceh secara produktif berperan secara aktif dan kreatif dalam setiap proses peningkatan kapasitas komunitas dan pembangunan sumberdaya manusia.

Oleh karena itu, lanjut Kamaruddin, kegiatan pelatihan menulis yang telah memasuki angkatan ke-7 tersebut, dapat menjadi sarana penambahan pengetahuan menulis berbagai jenis tulisan bagi peserta, yang didominasi oleh kalangan mahasiswa.

“Sangat diharapkan dengan adanya kegiatan belajar menulis ini, dapat semakin menambah pengetahuan dan kemampuan menulis bagi peserta.terutama menulis berita, artikel serta opini dan juga mampu menulis sastra,” ungkap Kamaruddin.

Sementara itu, Arafat Nur yang mewakili Ketua PWI Aceh Utara, mengatakan, bahwa pihaknya menyambut baik SMKM-Aceh yang bekerjasama dengan PWI dalam penyelenggaraan kegiatan sekolah menulis.

“Sudah dua angkatan, SMKM-Aceh bekerja sama dengan PWI Aceh Utara didalam pelaksanaan kegiatan pendidikan menulis ini. Kami sangat terbuka dan mendukung terhadap upaya-upaya peningkatan kapasitas dan kemampuan dibidang menulis. Semoga kedepan, kerjasama ini dapat lebih dikembangkan lagi,” ujar Arafat. (*)

Comments

comments

Tags SMKM-Aceh