5 September 2017
redaksi pelita 8 (2059 articles)

Sidom Peng; Pemkab Aceh Utara Siap Tampung Imigran Rohingya

Wakil Bupati Aceh Utara Fauzi Yusuf yang akrab disapa Sidom Peng. Pelita8/Rahmat Mirza

LHOKSEUMAWE – Wakil Bupati Aceh Utara Fauzi Yusuf yang akrab disapa Sidom Peng mengatakan, pihaknya Pemerintah Kabupaten Aceh Utara, siap menampung apabila ada imigran Rohingya yang terdampar, seperti sebelumnya pada pertangahan tahun 2015 lalu.

“Kita pernah menampung mereka saat terdampar di perairan Aceh Utara. Namun apabila mereka kembali terdampar di perairan Aceh Utara akibat konflik di Myanmar, dengan tangan terbuka kita terima kehadiran mereka,” ungkap Sidom Peng di Lhokseumawe, Selasa (5/9).

Sidom Peng juga mengatakan, alasan terbukanya sikap Pemkab Aceh Utara tersebut selain didasarkan atas rasa kemanusian, etnis Rohingya juga muslim, sehingga patut dibantu dan dilayani sebagaimana mestinya. “Meskipun Pemkab Aceh Utara menerima dengan tangan terbuka, pihaknya juga akan selalu berkoordinasi dengan instansi terkait seperti Imigrasi dan juga Muspida Aceh Utara terhadap keberadaan imigran asing,” jelas Wakil Bupati.

Terkait keberadaan shelter penampungan Rohingya di Blang Adoe, Aceh Utara, yang pernah menampung imigran Rohingya pada 2015-2016, menurut dia kemungkinan akan kembali digunakan sebagai tempat penampungan sementara, apabila ada imigran Rohingya yang terdampar, pungkas Sidom Peng. (*)

Editor : Rahmat Mirza

Comments

comments