19 Februari 2018
redaksi pelita 8 (2598 articles)

Semburan Abu vulkanis Gunung Sinabung hingga ke Lhokseumawe dan Aceh Utara

Warga memakai masker saat keuar dari warung kopi dan melihat tumpukan abu vulkanik gunung sinabung diatas sepeda motor yang diparkir diluar, Senin malam (19/2/2018) di Kota Krueng Geukueh, Aceh Utara. Pelita8/Rahmat Mirza

ACEH UTARA – Warga di Kecamatan Dewantara, Kabupaten Aceh Utara mulai merasakan jatuhnya abu vulkanik. Abu vulkanik tersebut diduga berasal dari letusan Gunung Sinabung, Sumatera Utara.

Sejumlah warga Kota Lhokseumawe, sejak malam ini juga sudah merasakan dampak erupsi Gunung Sinabung Sumatera Utara. Udara dikota mulai dicemari butiran debu.

“Sejak tadi sore menjelang Magrib, kalau diperhatikan sekilas mungkin tidak terlihat, karena sangat tipis, tapi kalau kena sinar lampu sepeda motor atau mobil terlihat sangat jelas,” kata Zulfikar alias Togar warga Tambon Baroh.

Menurut Togar, warga mulai mengetahui adanya abu vulkanik setelah melihat tumpukan debu di atas sepeda motor dan mobil warga yang diparkir di luar.

Sementara itu, informasi dari Kasi Datin Badan, Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Aceh, Zakaria Ahmad saat dihubungi kepada wartawan, Senin malam (19/2) menyebutkan, bahwa letusan Gunung Sinabung sudah sampai ke Aceh, bahkan sudah memasuki Aceh Utara. Hal tersebut dapat terjadi dikarenakan letusan Gunung Sinabung kali ini tergolong kuat, ujarnya.

Hal ini memang mungkin terjadi karena letusan gunung sinabung kali ini tergolong letusan yang dahsyat. Menurutnya, abu vulkanis sampai ke Aceh Utara, Lhokseumawe dan sekitarnya dimungkinkan karena arah angin pada ketinggian 5.000 meter, dari tenggara dengan kecepatan 5-30 km/jam.

Pihaknya mengimbau kepada masyarakat agar mengurangi aktivitas di luar rumah dan memakai masker serta helm bila bepergian dengan memakai kenderaan roda dua atau kenderaan roda tiga untuk menghindari masuk debu ke hidung dan mata, pungkas Zakaria dari BMKG Aceh.

Penulis : Rahmat Mirza
Editor  : Fazil

Comments

comments