26 November 2017
redaksi pelita 8 (2387 articles)

Sekda Aceh Tutup MTQ Aceh Ke-33, Aceh Timur Juara Umum

SEKDA Aceh, Dermawan (dua kanan), menyerahkan piala bergilir kepada Bupati Aceh Timur, H Hasballah bin HM Thaib, setelah kafilah tuan rumah tampil sebagai juara umum MTQ Ke-33 Aceh Tahun 2017. Penyerahan itu berlangsung pada penutupan even tersebut di Lapangan Upacara Pemkab Aceh Timur, Idi Rayeuk, Sabtu (25/11) malam. Foto/Serambi

ACEH TIMUR – Kabupaten Aceh Timur tampil sebagai Juara Umum MTQ XXXIII (Ke-33) Tingkat Provinsi Aceh tahun 2017, setelah mendapat akumulasi nilai tertinggi yakni 68. Sementara juara II diraih Aceh Besar dengan nilai 66, dan juara III ditempati Aceh Utara dengan akumulasi nilai 58.

Keputusan Dewan Hakim MTQ Ke-33 tingkat Provinsi Aceh tahun 2017 ini, dibacakan oleh Ketua Koordinator Dewan Hakim Prof DR H Azman Ismail MA, didampingi Sekretaris Koordinator Dewan Hakim Drs H Ridwan Djohan, pada malam penutupan, di Lapangan Upacara Pemkab Aceh Timur, Sabtu (25/11) malam.

Dalam lampiran II Keputusan Nomor 02/MTQ/PROV.ACEH/2017, Dewan Hakim menetapkan Aceh Timur, Aceh Besar, dan Aceh Utara, bersama 9 daerah lainnya yang masuk dalam daftar 10 besar kafilah yang meraih nilai terbanyak dalam perhelatan MTQ kali ini.

Pada penutupan tadi malam, Dewan Hakim juga membacakan lampiran I Nomor 02/MTQ/PROV.ACEH/2017, tentang nama-nama peserta terbaik I, II, III, serta juara Harapan I, II, dan III. Diawali dari cabang Tilawah Alquran, dilanjutkan Qiraah Sab’ah, Hifzil Alquran, Tafsir Alquran, Fahmil Alquran, Syarhil Alquran, Khattil Quran, dan Musabaqah Makalah Alquran (MMQ).

Data diperoleh Serambi, juara 1 cabang Tilawah Golongan Dewasa Putra diraih oleh Ihsan dari Kabupaten Pidie. Sementara juara 1 cabang Tilawah Golongan Dewasa Putri diraih oleh Nurul Hayati dari Aceh Timur.

Untuk cabang Qiraah Sab’ah, golongan Murattal Dewasa, juara 1 putra diraih Romi Saputra dari Kota Lhokseumawe, dan juara 1 putri diraih Hj. Nonong Sasmita dari Kabupaten Aceh Selatan. Golongan Mujawwad Dewasa, juara 1 putra diraih Mahlil dari Kota Banda Aceh dan juara 1 putri diraih Farida Hanun dari Kabupaten Aceh Singkil.

Untuk Cabang Hifzil Golongan 30 Juz Putra diraih Wahyu Ridzha dari Kabupaten Aceh Utara dan juara 1 putri diraih oleh Siti Fatimatuzzahra Sani dari Kabupaten Aceh Besar.

Acara penutupan MTQ Aceh diawali dengan pembacaan Ayat Suci Alquran oleh H Takdir Feriza SPdi, qari asal Aceh Besar yang pernah meraih peringkat terbaik I pada MTQ tingkat Internasional di Turki tahun 2015. Takdir juga menjadi salah satu dewan hakim pada MTQ Aceh ke-33 tahun 2017 di Aceh Timur.

Setelah pembacaan keputusan penetapan juara ini, Sekda Aceh didampingi Kadis Syariat Islam Aceh menyerahkan piala bergilir serta uang pembinaan sebesar Rp 50 juta kepada kafilah Aceh Timur. Piala bergilir beserta hadiah juara I, diterima oleh Bupati Aceh Timur, H Hasballah bin HM Thaib, didampingi Wabup Syahrul bin Syamaun, dan Sekda M Ikhsan Ahyat.

Kemudian dilanjutkan dengan penekanan tombol sebagai tanda ditutupnya MTQ Aceh oleh Sekda Aceh, serta pembacaan Ayat Suci Alquran oleh Nurul Hayati, qariah terbaik cabang Tilawah Golongan Dewasa Putri dari Aceh Timur.

Upacara kemudian dilanjutkan penurunan bendera LPTQ Aceh diiringi Hymne LPTQ Nasional dan pembacaan doa oleh Abu Paya Pasi, ulama kharismatik Aceh asal Aceh Timur.

Sumber : Serambi

Comments

comments