19 September 2019
redaksi pelita 8 (3311 articles)

Sedap, Keripik Mie Pelakor Ala Mahasiwa KKN Yang Kaya Rasa

Aceh Utara-  Mahasiswa KKN Unimal Kelompok 47 melakukan pengabdian di Desa Pulo Kitou, Merah Mulia, Aceh. Disana, mereka mengolah mie tepung khas Aceh menjadi keripik yang kaya rasa.

Olahan itu diberi nama Keripik Mie Pelakor atau singkatnya disebut KRIMIKOR. Mahasiswa berinovasi dan memberikan pelatihan kepada masyarakat bertujuan untuk meningkatkan perekonomian melalui usaha kecil menengah (UKM). Dengan modal kecil, bisa menghasilkan untuk yang cukup besar.

Konsep ini awalnya dicetuskan oleh Reskya Rahmawati dan Ema Roslaini, mahasiswa dari Fakultas Ekonomi. Mereka mengolah bahan yang sering ditemui yakni mie tepung khas Aceh. Keripik mie ini memiliki rasa yang pedas, namun sangat ringan dan aman untuk dikonsumsi anak-anak dan sehat tentunya.

“Program pembuatan KRIMIKOR ini merupakan program mandiri mahasiswa KKN Fakultas Ekonomi yang melihat peluang bisa dijadikan usaha dan disukai anak-anak. Bahan-bahan yang digunakan pun sangat aman yaitu terdiri dari mie tepung khas Aceh yang di goreng dan bumbu rasa balado. Semua bahan-bahan tersebut sangat mudah di dapatkan dan cara pembuatannya nya pun sangat lah gampang,” kata Humas Kelompok 57, Miftahul Jannah, Kamis (19/9/2019).

Miftah menyebutkan masyarakat yang datang sangat suka sekali dengan KRIMIKOR selain bahan dan pembuatannya mudah, juga sangat disukai anak-anak dan menjadi jajanan yang sehat.

Sementara Ema Roslaini dan Reskya Rahmawati mengatakan bahwa ide ini terpikir oleh mereka setelah datang ke Gampong Pulo Kitou dan melihat banyak sekali anak-anak yang membeli jajanan produk luar. Maka keluarlah inisiatif dari mereka untuk membuat krimikor dari bahan yang aman dan higienis serta memiliki nilai jual yang tinggi.

Program ini juga mendapat kan apresiasi yang besar dari geusyik Gampong Pulo Kitou, Yusuf Doni. Beliau mengatakan usaha ini sangat bagus sekali untuk menopang perekonomian masyarakat gampong dan disukai anak-anak. Beliau berharap program ini dapat terus dilanjutkan oleh masyarakat dan dapat dipasarkan di luar.

Penulis: Miftahul Jannah Humas KKN kelompok 47

Editor: HRS

Comments

comments

Tags mahasiswa
makan jeruk