10 September 2018
redaksi pelita 8 (2779 articles)

Ribuan Mahasiswa Unimal Mengikuti Pembekalan KKN

Rektor Unimal Prof.Dr.Apridar, SE.M.Si, memberikan sambutan sekaligus membuka secara resmi Coaching KKN-PPM Angkatan XXIV Unimal di Gedung ACC Fak.Kedokteran Unimal Lhokseumawe, Senin (10/9) – Foto : ZS

LHOKSEUMAWE – Rektor Universitas Malikussaleh Prof. Dr.H.Apridar, SE.M.Si, hari ini, kamis (10/9) membuka secara resmi Coaching (Pembekalan) mahasiswa Kuliah Kerja Nyata Pembelajaran Pemberdayaan Masyarakat (KKN-PPM) Angkatan XXIV Unimal tahun 2018, yang berlangsung di gedung Academic Center Cunda (ACC), Unimal Lhokseumawe.

” Kita sedang mengembangkan kampus ini menjadi pusat pembangunan peradaban, bersinergilah dengan masyarakat di desa agar tujuan ini tercapai,  ingat kalian membawa nama besar Malikussaleh, jaga dengan baik nama itu” pesan Rektor dalam pidato pembukaan.

Di kesempatan yang sama Ketua Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat (LPPM) Yulius Dharma, S.Ag, M.Si mengatakan untuk bisa bersama sinergi dengan masyarakat kecerdasan intelektual saja tidak cukup, mahasiswa juga harus memiliki kecerdasan emosional dan kecerdasan spiritual.

Ketua Panitia KKN-PPM/kepala pusat studi pengabdian kepada masyarakat LPPM Unimal, H.Anwar Puteh, SE.M.Si – Foto : ZS

Dalam laporannya ketua panitia KKN Unimal H.Anwar Puteh, SE, M.Si, menyebutkan jumlah peserta KKN Angkatan XXIV tahun 2018 sebanyak 1.468 mahasiswa, terdiri dari Fakultas Teknik 195 orang, Fakultas Ekonomi dan Bisnis 708 Fakultas Ilmu Sosial dan Politik 435 orang, Fakultas Hukum 61 orang dan Fakultas Pertanian 69 orang.

“KKN hanya sekali seumur hidup, berikanlah yang terbaik dan bangun kesan positif dalam masyarakat” ujar Anwar kepada mahasiswa.

Anwar Puteh menjelaskan, sebelum di turunkan ke 86 desa dalam kecamatan Syamtalira Bayu, Syamtalira Aron, Samudera dan Tanah Pasir kabupaten Aceh Utara, peserta terlebih dahulu di bekali dengan pemahaman teknis, budaya setempat, pelaporan, dan perancangan program kerja. Kegiatan ini direncanakan berlangsung dua hari, 10 – 11 September 2018.

Kali ini panitia juga melibatkan duta unimal yang telah mengikuti KKN kebangsaan dan KKN bersama di Lampung, mereka akan berbagi pengalaman kepada peserta KKN tahun ini.

Menurut Anwar Puteh sebenarnya jumlah peserta KKN yang mendaftar tahun lebih dari 2.000 mahasiswa namun karena terbentur jadwal dengan Praktek Lapangan dan On The Job Training (OJT) Fakultas Kedokteran dan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) membatalkan keikutsertaannya.

“Walaupun dua Fakultas batal bergabung karena terbentur jadwal, kita berharap mereka yang berasal dari berbagai disiplin ilmu ini mampu mengimplementasikan pengetahuannya dalam masyarakat,” tutup Anwar.

Redaksi

Comments

comments