16 November 2018
redaksi pelita 8 (2926 articles)

PT. PIM Survey Kepuasan Lingkungan, Serta Komitmen Meningkatkan Perekonomian Masyarakat

Direktur SDM Umum Usni Syafrizal, didampingi Kapolsek Dewantara, AKP. Erpansyah dan Mewakili-Danramil Dewantara foto bersama Masyarakat yang mendapat bantuan Rumah Sederhana dan Bantuan Beasiswa. (Pelita8.Com/Foto : Humas PIM)

 

 

LHOKSEUMAWE – Tahun ini PT. Pupuk Iskandar Muda (PIM) Kreung Geukuh, Aceh Utara kembali menggelar Kegiatan Survey Kepuasan Lingkungan (SKL) yang dilaksanakan, Kamis (15/11/2018), digedung pertemuan PT. PIM.

Adapun Tim Peninjau SKL PT. PIM dari anggota Holding PT. Pupuk Indonesia (Persero), PT. Pupuk Sriwidjaja Palembang, PT. Pupuk Kaltim, PT. Petrokimia Gresik, PT. Pupuk Kujang Cikampek.

Kegiatan tersebut adalah bentuk wujud komitmen dalam peningkatan kualitas hubungan dan pengelolaan komunitas seluruh grup Pupuk Indonesia dengan lingkungan di sekitar perusahaan serta sebagai parameter respon masyarakat atas peran, kontribusi dan tanggung jawab sosial perusahaan yang selama ini dilakukan.

Manager PKBL & CSR PT PIM Zulhadi mengatakan, pada tahun 2018, PT Pupuk Iskandar Muda telah menyalurkan bantuan dalam berbagai bentuk kepada masyarakat lingkungan perusahaan.

Bantuan tersebut antara lain pemberdayaan ekonomi masyarakat berupa modal usaha, bantuan pendidikan berupa beasiswa kepada 88 orang, beras sejumlah 58,680 Ton pada 7 Desa lingkungan, pembangunan 8 dayah dan 21 mesjid, pembuatan sumur bor, serta intalasi listrik kepada 75 meunasah dan masjid desa lingkungan.

“PT. PIM juga telah melakukan kerja sama dengan Universitas Malikussaleh dalam hal pembuatan Social Mapping masyarakat Aceh Utara, khususnya daerah lingkungan sekitar PT. PIM. Melalui Social Mapping ini PIM dapat mengetahui keadaan social demografis masyarakat secara komprehensif “ ujar Zulhadi selaku Ketua Panitia SKL 2018.

Menurutnya, Pelaksanaan survei ini akan dilakukan oleh responden dengan mengisi kuisioner yang telah disiapkan dan berisi empat penilaian utama, antara lain, hubungan perusahaan dengan masyarakat disekitar lokasi operasional perusahaan, peran perusahaan kepada masyarakat disekiat lokasi pabrik, sikap dan pandangan masyarakat sekitar terhadap perusahaan dan Saran-saran.

Sementara itu, disela-sela acara tersebut Direktur SDM & Umum Bapak Usni Syafrizal, menyampaikan, Walaupun keadaan perusahaan saat ini masih belum stabil baik secara operasional maupun finansial, namun wujud kepedulian perusahaan akan terus tersalurkan melalui program-program, meliputi beberapa aspek seperti pendidikan, agama, kesehatan, pemberdayaan ekonomi masyarakat dan olah raga,

“Kami mengharapkan hubungan baik yang selama ini terjalin antara PT. PIM dengan seluruh masyarakat lingkungan yang tinggal di sekitar perusahaan akan terus terjaga. Pada dasarnya kepentingan bersamalah yang menjadi pokok tujuan kita yaitu bagaimana kita bisa menjalankan perusahaan ini dengan baik dan mendapat keuntungan untuk meningkatkan kesejahteraan kita bersama, setiap permasalahan yang timbul berkaitan dengan kegiatan perusahaan marilah diselesaikan secara baik-baik melalui musyawarah dan mufakat, sehingga hubungan yang harmonis antara perusahaan dan masyarakat dapat terwujud,” katanya.

Sebagaimana yang diketahui bersama, dalam waktu dekat PT. PIM akan memulai pembangunan Pabrik NPK dan melakukan berbagai proyek-proyek pengembangan dalam skala bisnis PIM, sehingga peran masyarakat dalam menjaga situasi kamtibmas yang baik dinilai menjadi salah satu indikator kemberhasilan dalam meningkatkan berbagai terobiosan tersebut.

“Oleh karena itu, pada kesempatan ini saya ingin mengajak masyarakat sekalian untuk berpartisipasi aktif dalam menciptakan suasana yang aman dan kondusif sehingga pengembangan yang kita renanakan dapat segera terwujud.”

“Insya Allah nantinya perusahaan dan masyarakat secara luas akan sama-sama menikmati manfaat dan keuntungannya, Tanpa dukungan dari masyarakat Aceh khususnya masyarakat lingkungan tidak akan mungkin perusahaan yang kita cintai ini dapat berkembang menuju ke arah yang lebih baik “Pungkas Usni Syafrizal.

Editor : Miswardi

 

Comments

comments