22 Desember 2019
redaksi pelita 8 (3378 articles)

Plt Gubernur Aceh Kunjungi PHE-NSB, Ajak Kelola Blok B Secara Profesional

ACEH UTARA – Pelaksana Tugas (Plt.) Gubernur Aceh, Nova Iriansyah, melakukan kunjungan kerja ke Point-A Aceh Production Operations PT Pertamina Hulu Energi North Sumatera B (PHE-NSB), di Kecamatan NibongAcehUtaraMinggu (22/12/2019).

Dalam kunjungan tersebut, Nova Iriansyah didampingi Asisten II Pemerintah Aceh, Teuku Ahmad Dadek, Kepala Dinas ESDM Aceh, Mahdinur, Dirut PT PEMA, Zubir Sahim, dan Kepala Badan Pengelola Migas Aceh (BPMA), Teuku Mohamad Faisal.

Rombongan Plt. Gubernur Aceh disambut General Manager PT PHE NSB-NSO, Akhmad Miftah. Turut hadir Sekda Aceh Utara, Abdul Aziz, Wakil Ketua DPRK Aceh Utara, Hendra Yuliansyah serta sejumlah pihak lainnya. 

Pelaksana Tugas Gubernur Aceh Nova Iriansyah mengatakan, perpanjangan kontrak pengelolaan Blok B ada masa transisi dari PT PHE kepada PT  PEMA sejak 18 November 2019 hingga 17 November 2020, ini tertuang dalam surat Menteri ESDM Nomor 512 tertanggal 15 November 2019,” kata Nova Iriansyah dalam sambutannya saat pertemuan dengan pihak PT PHE.

Nova mengajak semua pihak yang terlibat dalam pengelolaan Block North Sumatera B (NSB) atau yang lebih dikenal dengan Blok B, untuk bersama bersepakat bekerja secara profesional, untuk mensejahterakan masyarakat. Bahwa setahun ke depan adalah masa transisi pengelolaan Block NSB dari Pemerintah Pusat ke Pemerintah Aceh.

“Berdasarkan kesepakatan antara pemerintah Aceh dengan Kementerian Energi Sumberdaya Mineral, Setahun ke depan adalah masa transisi pengelolaan Block NSB. Oleh karena itu, kita menggelar pertemuan ini untuk melihat kondisi terakhir dan mendengarkan pemaparan dari pihak PHE selaku pihak yang selama ini menjadi operator di Block NSB,” kata Plt Gubernur.

Saat ini, sambung Nova tim dari Pemerintah Pusat dan tim dari Pemerintah Aceh sedang membicarakan terkait mekanisme pegelolaan dan teknis operasional selama masa transisi berjalan hingga 17 November tahun 2020.

Plt Gubernur juga mengapresiasi seluruh pihak yang telah terlibat dalam pengelolaan Block NSB ini, sejak mulai di eksplorasi tahun 1967 hingga saat ini. Sebagaimana diketahui, sejak tahun 2015 PT PHE telah mengambil alih pengelolaan Block NSB ini dari PT Exxon Mobil.

Sementara itu, Ahmad Miftah selaku General Manager perusahaan plat merah itu tidak pernah alpa menyalurkan dana Corporate Social Responsibility atau tanggungjawab sosial perusahaan.

“Dana CSR PT PHE kita salurkan untuk usaha masyarakat, di antaranya usaha kakao, bengkel, pembuatan kontainer sampah, posyandu, peralatan nelayan, pembuatan rumpon, pembagunan Masjid, jalan, fasilitas olahraga lainnya,” ujar Miftah. []

Tags PHE NSB