20 April 2018
redaksi pelita 8 (2811 articles)

Petani Alue Sijuek Belajar Membuat Pupuk Organik Dari Mahasiswa Unimal

Mahasiswa KKN Unimal melatih petani Alue Sijuek Kec.Tanah Luas Aceh Utara cara membuat pupuk organik – Foo : Viki (20/3)

ACEH UTARA – Mahasiswa Unimal yang sedang melakukan pengabdian (KKN-PPM) di Gampong (desa) Alue Sijuek Kecamatan Tanah Luas Aceh Utara, Jum’at (20/4/18) melatih petani cara membuat pupuk jenis POC dan PEST organik  Jum’at (20/04/2018).

Intan Rahayu mahasiswa KKN dari jurusan Agroekoteknologi, mengatakan pupuk organik untuk jenis POC dapat digunakan untuk membunuh hama tanaman dan PEST digunakan untuk membantu mempercepat pertumbuhan tanaman. Selain itu, pupuk ini juga lebih baik digunakan daripada pupuk kimia. Kemudian bahan yang digunakan sangat ekonomis, praktis, dan ramah lingkungan.

“Diharapkan dengan dibekali pembuatan pupuk ini, warga dapat membuat pupuk sendiri dan bisa memanfaatkannya untuk perkebunan warga.”ujarnya.

Lebih lanjut dijelaskan Intan Rahayu, kegiatan ini juga dapat menambah pengetahuan warga sehingga dapat dijadikan untuk meningkatkan perekonomian warga setempat.

“Kegiatan ini sekaligus dapat menambah wawasan bagi warga Gampong Alue Sijuek dan kalau warga mau bisa menjadikan pupuk organik ini sebagai ekonomi kreatif warga untuk menunjang perekonomian warga setempat,” sambungnya.

Salah satu peserta pelatihan Abdullah mengaku kegiatan ini sangat bermanfaat apalagi di Gampongnya banyak areal perkebunan, pengetahuan cara membuat pupuk ini akan sangat membantu bila petani saat kesulitan  memperoleh pupuk kimia, pupuk organik ini bisa menjadi alternatif.

Viki K72/ ed:ZS

 

Comments

comments