6 November 2016
redaksi pelita 8 (3107 articles)

Pengembangan Bahasa, Pemkab Aceh Jaya Kerjasama Dengan Pemerintah Turki

 

ACEH JAYA– Pemerintah  Kabupaten Aceh Jaya melakukan kerjasama dengan pihak Pemerintah Turki dalam kegiatan Sekolah Turki yang dilakukan MoU dengan Pemkab Aceh Jaya sejak 2015 lalu.

Kegiatan seminar bertema “Aceh di mata dunia” diselenggarakan oleh Ipelmaja Banda Aceh, Pemkab Aceh Jaya dan yayasan Turki di Aula Hotel  Lading, Banda Aceh, Minggu (6/11) kemarin.

Perwakilan Yayasan Sulaimanniayah Turki di Indonesia, Ustat Mansyur, mengatakan, pihaknya akan melakukan pengembangan sekolah turki untuk mahasiswa Aceh Jaya dalam mengajar bahasa turki untuk kegiatan belajar mengajar dengan yayasan UICCI Sulaimanniah Turki serta bermacam program yang lainnya.

Ia menambahkan, kegiatan itu khusus untuk mempelajari bahasa Arab, Al Qur’an, Fiqih, dan islam yang Ahlulsunnah Wal Jamaah dalam menghadapi persaingan era  modernisasi, karena Negara Turki merupakan satu contoh negara islam yang maju dan selalu di minati oleh masyarakat lainnya di negara islam,” kata Ustat Mansyur, Minggu (6/11).

Sementara itu, Bupati Aceh Jaya, Ir.H. Azhar Abdurrahman, mengatakan, ini merupakan program luar biasa yang wajib di ikuti oleh segenap  mahasiswa/i Aceh Jaya untuk belajar Bahasa Turki dan program ilmu agama lainnya sesuai Ahlulsunah Wal Jamaah.

“Kita berharap bagi mahasiswa/i Aceh Jaya jangan sia-siakan kesempatan ini untuk belajar dengan sungguh-sungguh, terlebih program ini merupakan program unggulan yang akan dilaksanakan oleh yayasan Sulaimaniah Turki di wilayah Provinsi Aceh,” ujar Azhar Abdurrahman.

Menurutnya, kerjasama ini sudah dimulai sejak 2015 dan direncanakan sampai 20 tahun kedepan, namun kerjasama itu tergantung kepada program itu sendiri nantinya.

Penulis: Musliadi Teunom
Editor : ZV

Comments

comments

makan jeruk