11 September 2019
redaksi pelita 8 (3292 articles)

Pelajar di MAN 5 Aceh Utara Mendapat Sosialisasi dan Edukasi UU ITE

ACEH UTARA- Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) dari Fakultas Hukum Unimal mengadakan sosialisasi dan edukasi Undang-Undang Informasdi dan Transaksi Elektronik (UU ITE) kepada para pelajar di Madrasah Aliyah Negeri 5 Aceh Utara, Sabtu (10/9/2019).

Ketua Panitia, Muhammad Awaluddin menyampaikan bahwa UU ITE ini berlaku untuk semua orang yang melakukan perbuatan-perbuatan hukum yang diatur oleh UU tersebut baik yang tinggal di wilayah Republik Indonesia maupun di luar wilayah hukum Indonesia yang merugikan kepentingan orang lain.

Dia  menjelaskan setiap orang dengan sengaja dan tanpa hak menyebarkan berita bohong, menyebarkan informasi bohong dan menyesatkan yang mengakibatkan kerugian kepada individu atau kelompok masyarakat tertentu berdasarkan atas suku, agama, ras, dan antargolongan  

Sedangkan, Rajulul Haqki selaku  pemateri kegiatan tersebut  enyampaikan dengan media sosial kita dapat berinteraksi dengan mudah, menjalin Komunikasi yang sangat praktis, menambah teman, sarana hiburan.

Maka itu, diharapkan para pelajar MAN 5 Aceh Utara sebagai generasi melenial harus bisa menguasai teknologi dengan syarat tidak menimbulkan kerugian pada pihak lain dan berhati-hati dalam menggunakan media sosial, dan tidak menyalahgunakan media sosial itu sendiri.

Sementara, pihak MAN 5 Aceh Utara, Mursyidin sangat  mendukung kegiatan ini karena para pelajar nantinya ketika mendapat informasi tidak langsung membagikan kepada orang lain sebelum dilakukan pengecekan kebenarannya.

“Jadi kita harap kepada pelajar menggunakan media sosial harus bija,  tetapi harus bisa memastikan lebih dahulu apakah informasi itu benar atau hoax,”ujarnya

Sedangkan DPL, Nasrianti, SH.M.Hum menyampaikan terimakasih banyak kepada pihak sekolah dan pelajar di MAN 5 Aceh Utara yang menyambut baik kedatangan Mahasiswa KKN FH UNIMAL untuk berbagi ilmu dan inforrmasi mengenai UU ITE.

“Hal ini didasari oleh karena remaja sekarang sangat mudah mengakses bermacam media sosial seperti Facebook, google, youtube, facebook, instagram, twitter, path, pinterest, dan lain sebagainya,”ujarnya.

 Dia menjelaskan media sosial merupakan sebuah media komunikasi pada era sekarang yang dapat mempermudah masyarakat untuk berinteraksi, berbagi, serta mendapatkan semua informasi melalui media online ini tanpa terbatasi oleh jarak dan waktu

“Dari kegiatan sosialisasi ini diharapkan pelajar dapat menguasai teknologi dan media sosial dengan benar sehingga dapat meningkatkan ilmu pengetahuan serta tidak menimbulkan kerugian pada diri sendiri dan orang lain,”pungkasnya.


Comments

comments

Tags mahasiswa
makan jeruk