ONLINE CLASS DISKUSI JURNALISTIK

Himpunan Mahasiswa Ilmu Komunikasi (Himako) Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Malikussaleh mengadakan kelas online yaitu diskusi tentang seputaran juralistik yang mengusung tema “5w+1h Menu Wajib Jurnalistik”, acara ini dilaksanakan melalui via google meet, Kamis 6/5/2021.

Online Class Diskusi Jurnalistik ini di hadiri oleh pemateri Hidayatullah Alumni Program Studi Ilmu Komunikasi Universitas Malikussaleh yang merupakan wartawan di media TVRI Aceh.

Diskusi Jurnalistik tersebut di hadiri oleh 84 peserta yang merupakan Mahasiswa Universitas Malikussaleh. Pembukaan acara yang di lakukan oleh Ketua Prodi Ilmu Komunikasi Kamaruddin Hasan, Kemudian dilanjutkan dengan pengisian materi oleh Hidayatullah tentang Teknik dasar jurnalistik.

Hidayatullah dalam materinya menyampaikan bahwa jurnalis selalu menyampaikan informasi yang berimbang dan jurnalis juga tidak boleh beropini dalam menulis dan menyampaikan sebuah berita.

“Senjata jurnalis yaitu jurnalis akan menggunakan mulut orang lain untuk mengkritisi seseorang didalam lawan politik sehingga menjadikan pesan yang disampaikan actual dan konsisten dalam pemberitaan agar tidak berimbang,” Ujarnya Hidayatullah.

Dia juga menyampaikan bahwa berita televisi dan berita radio itu sama .didalam menulis suatu berita yang membedakan berita radio dengan berita televisi yaitu berita televisi tidak perlu menulis naskah secara mendetail karena sudah dijelaskan didalam bentuk video.sedangkan berita radio harus menulis naskah secara detail karena audiens hanya dapat mendengarkan suara dan tidak dapat melihat video.

Tampak jelas raut wajah antusiasme dalam mengikuti kegiatan ini, pasalnya banyak ilmu terkait jurnalistik yang didapatkan oleh mahasiswa dalam kegiatannya ini. (Zzu)