31 Agustus 2019
redaksi pelita 8 (3292 articles)

Makam Sultan Johor, Situs Bersejarah Yang Terabaikan

Aceh Utara- Makam seorang Sultan Johor, Alauddin Riayat Shah terletak di Desa Mesjid Bluek, Kecamatan Meurah Mulia, Aceh Utara, Aceh. Miris, kondisi makam sultan itu tampak terlantar.

Dari sejarahnya, beliau dulunya adalah seorang yang berkuasa pada tahun 1607-1636. Beliau dikenal sebagai penguasa muslim yang saleh dan mencintai budaya.

“Kami mahasiswa KKN Unimal kelompok 34 berkesempatan berkunjung ke makam tersebut. Kami berinisiatif menghidupkan kembali khasanah Kesultanan Johor, Alauddin Riayat Shah dengan merenovasi makam menjadi taman wisata religi,” kata Perwakilan Klp 34, Yudha Rofandy, Jumat (30/8/2019).

Yudha menyebutkan pihaknya berencana mengulik kembali dan menggugah pengetahuan masyarakat mengenai situs bersejarah tersebut. Pihaknya sudah berkoordinasi dengan kepala desa dan masyarakat setempat untuk memberi izin berpartisipasi merenovasi makam tersebut.

“Langkah awalnya kami sudah membersihkan makam yang kondisi makam cukup memprihatinkan, batu nisan yang miring dan kondisi tanah tidak terawat membuat banyak tanaman liar yang tumbuh liar disekitar makam. Selanjutnya, kami akan merapikan lagi dan berembuk dengan kepala desa agar di pagar, diberi kelambu serta penerangan,” sebut  Yudha.

Yudha berharap setelah direnovasi nantinya, masyarakat setempat mau membantu dan menjaga keutuhan dan kebersihan makam dengan sebaik-baiknya.

Mendengar rencana tersebut, masyarakat dan Kepala Desa Mesjid Bluek sendiri sangat antusias mendukung program KKN dari kelompok 34.

“Kami ingin sekali makam tersebut menjadi taman atau objek wisata religi. Saya sangat ingin nantinya makam ini dibuka sebagai tempat wisata religi dengan mengangkat sejarah kesultanan Aceh Darussalam,” kata Bendahara Desa Mesjid Bluek, Musliadi kepada para mahasiswa.

Penulis: Humas Klp KKN 34, Muhammad Yudha Rofandy

Editor: HRS

Comments

comments

makan jeruk