11 September 2017
redaksi pelita 8 (2313 articles)

Mahasiswa Unimal Yang Melakukan Pengabdian di Bangka Belitung Kembali Ke Kampus

Ketua LPPM Yulius Dharma, Kepala Pusat Studi Pengabdian Anwar Puteh, menyambut kepulangan delegasi Unimal peserta KKN bersama BKS-PTN di Bangka Belitung (Fauzan Azima, Suris Sintia Dewi Saragih dan Syarifah Hasanah, di ruang kerja Ketua LPPM , Senin (11/9) – Foto : ZS

LHOKSEUMAWE –  Setelah sekitar dua bulan melakukan pengabdian, tiga mahasiswa Universitas Malikussaleh (Unimal) yang di kirimkan ke Kepulauan Bangka Belitung kini kembali ke daerah.

Kehadiran mereka disambut Ketua Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat (LPPM) Yulius Dharma dan Kepala Pusat Studi Pengabdian Anwar Puteh, di kampus Lancang Garam Lhokseumawe, Senin (11/9). Adapun mahasiswa yang dikirim sebagai duta ke Bangka Belitung yaitu Fauzan Azima, Syarifah hasanah dan Sintia Dewi Sarigah, ketiganya dari Fakultas Ilmu Sosial dan Politik.

“ Setelah melalui proses seleksi mereka kita kirimkan mewakili Unimal dalam kegiatan KKN Bersama  BKS-PTN (Badan Kerjasama Perguruan Tinggi Negeri) Wilayah Barat sejak dua bulan lalu, berdasarkan pantauan kami dan laporan panitia, Alhamdulillah kehadiran mereka sangat manfaat bagi masyarakat setempat” kata Anwar puteh dalam sambutannya.

Anwar menjelaskan, KKN Bersama BKS PTN wilayah barat berlangsung sejak 27 Juli hingga 29 Agustus 2017 di ikuti oleh 120 perserta dari 23 perguruan tinggi yang ada di Indonesia. Kegiatan ini dilaksanakan di lima desa dalam propinsi Bangka Belitung yaitu Paya Benua, Cekong Abang, Penyamun, Gung Muda dan Rukan.

Ada lima program utama yang wajib dilaksanakan peserta tahun ini yaitu menciptakan Desa bebas buang air besar sembarangan, Usaha Peninkatan Pendapatan Keluarga Sejahtera (UPPKS), Masyarakat tertib administrasi, mengembangkan potensi desa wisata dan mengembangkan perekonomian desa.

“ Terima kasih atas kepercayaan dan kesempatan yang diberikan kepada kami, banyak sekali pengalaman yang kami dapat dan ini bahan perbandingan untuk penerapan di daerah kita” ungkap Sintia Dewi Saragih salah satu mahasiswa delegasi Unimal yang ikut serta dalam kegiatan itu.

Sintia sangat terkesan dengan masyarakat setempat yang terbuka terhadap pendatang, sehingga sangat mendukung mereka dalam menjalankan program, khususnya dalam pengembangan pemasaran produk lokal home industri sehingga lebih berdaya saing dengan jaringan pemasaran yang semakin luas.

Ketua LPPM Yulius Dharma memberikan apresiasi kepada delegasi KKN BKS PTS dari Unimal karena mampu menjaga nama baik Universitas dan menunjukan prestasi membanggakan terutama dalam hal pemberdayaan ekonomi masayarakat.

“ Saya berharap pengalaman selama melakukan pengabdian di Bangka Belitung bermanfaat bagi pribadi peserta dan nanti bisa dibagikan kepada mahasiswa peserta KKN di lingkungan Unimal, saya akan minta mereka untuk menjadi pemateri dalam pembengkalan KKN di tingkat lokal agar bisa memotivasi para mahasiswa untuk melakukan perubahan di daerah” pungkas Yulius.

Redaksi

 

Comments

comments