12 September 2019
redaksi pelita 8 (3292 articles)

Mahasiswa Unimal Olah Permen Unik Rasa Pinang

ACEH UTARA-  Buah pinang selama ini hanya populer di kalangan orang tua. Apalagi kalau bukan untuk sirih pinang. Tapi mahasiswa Unimal mengembangkan komoditas buah pinang menjadi makanan ringan di Gampong Meunye Payong, Kecamatan Meurah Mulia.

“Produk hasil perkebunan tersebut adalah salah satu komoditas unggulan yang kini mulai memiliki segmen pasar lokal maupun global,”kata Warga Gampong Meunye Payong, Khatijah, Kamis (12/9/2019).

Khatijah menjelaskan pinang merupakan salah satu komoditas unggulan yang melimpah dan penghasilan warga setempat. Selain itu pinang  memiliki banyak khasiat diantaranya mampu menjadi obat lambung dan obat kuat untuk laki laki.

Dia menambahkan rasa yang unik  buah pinang tidak semua orang menyukainya, namun mahasiswa unimal mengembangkannya dengan membuat perubahan atau inovasi mengolah pinang muda  (Pineng Nyeen) menjadi permen.

“Ini merupakan metode yang sangat penting dan dapat di olah sendiri oleh warga setempat,”ujarnya.

Dia menambahkan dengan mengolah buah pinang menjadi sebuah produk jadi akan membantu membuka lapangan kerja. Dan pada akhirnya, hal ini diharapkan akan meningkatkan pendapatan masyarakat di daerah tersebut.

“Kalau dilihat  secara umum, pinang sudah lama dimanfaatkan orang secara tradisional,” ucapnya.

Penulis : Humas Mahasiswa KKN Kelompok 37, Dea Putri Ramadhani
Editor : Mul

Comments

comments

makan jeruk