23 September 2018
redaksi pelita 8 (2814 articles)

Mahasiswa Unimal Gelar Pelatihan Wirausaha di Dayah Aron


Ibu Rumah Tangga (IRT) Dayah Aron kec.syamtalira Aron mengikuti pelatihan Wirausaha Mahasiswa KKN Unimal, – foto : Mitra (23/9)

ACEH UTARA  – Ibu rumah tangga di  Gampong Dayah Aron, Kecamatan Syamtalira Aron Aceh Utara, mendapat pelatihan wirausaha. (23/9)

Kegiatan yang di selenggarakan oleh mahasiswa KKN Universitas Malikussaleh (Unimal) ini merupakan program unggulan kelompok 2 yang sedang melaksanakan pengabdian kepada masyarakat.

Ketua kelompok KKN di Meunasah Aron Mustapa mengatakan pelatihan ini bertujuan untuk meningkatkan ketrampilan peserta yang berpotensi terhadap pengembangan ekonomi keluarga sehingga dapat memanfaatkan waktu luang secara positif. Disebutkan, warga Meunasah Aron mayoritas Pegawai Negeri Sipil (PNS) dan sebagai ibu rumah tangga.

“Namun, sayangnya mereka meluangkan waktu yang kosong hanya berdiam diri dirumah saja, apalagi dihari libur, sehingga banyak waktu yang kosong terbuang sia-sia,” kata Mustafa. Minggu (23/9).

Materi yang diberikan dalam pelatihan  tersebut antara lain,  pentingnya memiliki ketrampilan dan pemahaman tentang wirausaha dan pentingnya memiliki ketrampilan berwirausaha, inovasi produk rumahan seperti  Timphan isi cokelat, pembuatan kerupuk ikan bandeng dan budidaya toge tanpa akar.

“Kegiatan sangat bermanfaat, ada hal baru yang saya dapatkan dari pelatihan ini paling tidak saya melihat ada peluang usaha baru yang bisa dikembangkan disela-sela waktu luang”  ungkap Swasti, salah satu  peserta pelatihan.

Kegiatan ini mendapat apresiasi dari Tuha Peut  Dayah Aron Asy’ari, menurut dia kegiatan ini sangat bermanfaat apalagi baru pertama di selenggarakan di Gampong ini. [Mitra Prasetyo*zs]

*Humas KKN Unimal 2018, Pok.2

Comments

comments