11 September 2019
redaksi pelita 8 (3292 articles)

Mahasiswa Unimal Bantu Pasarkan Rapa’i Meunasah Baroe Melalui Digital Marketing

ACEH UTARA- Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) Unimal siap membantu memasarkan jenis alat musik Rapa’i hasil kerajinan Abdullah Karim warga Gampong Meunasah Baroh, Kecamatan Simpang Keuramat, melalui digital marketing.

Ketua Mahasiswa KKN Kelompok 10, Ramadi Saputra Lubis menjelaskan saat ini Abdullah Karim sudah memasarkan alat musik rapa’i itu ada dari negara Jiran. Paling banyak yang memesan dari Jakarta dan Banda Aceh.

Sedangkan DPL, Adnan mengatakan pihaknya nanti akan mempermudahkan lagi memasarkan rapai milik Pak Abdullah dengan cara akan mempromosi di seluruh media sosial nantinya.

Untuk diketahui Rapai merupakan alat musik perkusi tradisional dari Aceh, yang dimainkan dengan cara dipukul menggunakan tangan tanpa stik. Rapai tidak sembarangan ditabuh, biasanya hanya digunakan pada upacara-upacara adat di Aceh, seperti upacara perkawinan, sunatan, mengiringi tarian, hingga hari besar Islam.

Alat musik ini merupakan bagian yang tak terpisahkan dari kehidupan masyarakat Aceh, baik secara filosofïs atau kultural. Rapai berperan mengatur tempo, ritme, tingkahan, gemerincing, serta membuat suasana menjadi lebih hidup dan meriah. Alat musik ini biasanya dimainkan dengan alat musik pendukung, seperti Serune Kalee atau Buloh Perindu yang ditiup.

Penulis : Humas Mahasiswa KKN Kelompok 10,  Eka Zulida Lubis

Editor : Mul

Comments

comments

makan jeruk