7 September 2019
redaksi pelita 8 (3292 articles)

Mahasiswa Tingkatkan Kreativitas Siswa SD dengan Perlombaan Kaligrafi

ACEH UTARA- Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) Universitas Malikussaleh (Unimal) menggelar lomba kaligrafi untuk siswa UPTD Sekolah Dasar (SD) Negeri 6 Meurah Mulia, di Gampong Beuringen kecamatan setempat, Rabu 4 September 2019.

Perlombaan kaligrafi juga dipandu Ketua Kelompok KKN 19, Iqbal Fauzi Pakpahan, itu dilakukan salah satu upaya untuk menguji kemampuan siswa di sekolah tersebut, mulai dari kelas IV, V dan VI. Sedangkan dewan guru SD itu sangat mendukung kegiatan yang diadakan mahasiswa yang sedang mengabdi di Gampong Beuringen, Kecamatan Meurah Mulia.

Gagasan serangkaian acara itu muncul dari salah seorang mahasiswa bernama Nazar dari kelompok KKN tersebut. Nazar mengatakan, tujuan perlombaan kaligrafi itu untuk dapat melatih kemampuan dan mental mereka (anak-anak/siswa) dalam menggambar kaligrafi bertuliskan nama “Allah SWT dan Nabi Muhammad SAW”. Tampaknya siswa sangat antusias dalam mengikuti kegiatan lomba kaligrafi itu yang diikuti baik anak perempuan maupun laki-laki.

“Dengan adanya perlombaan seperti ini sehingga kita bisa melatih kemampuan siswa/i untuk lebih meningkatkan lagi. Kita juga menyediakan hadiah untuk membuat mereka lebih semangat lagi dalam mengikuti lomba kaligrafi tersebut,” ujar Nazar.

Dari hasil diperoleh dalam kegiatan lomba menggambar kaligrafi itu, kata Nazar, lebih banyak kalangan putri yang bisa menggambar kaligrafi tersebut. Untuk itu, mahasiswa melihat bahwa perlu adanya bimbingan dan penyemangat bagi mereka untuk bisa lebih meninggkatkan lagi kreativitas mereka mengenai bakat yang dimiliki para siswa.

“Bukan karena mereka masih kecil, tapi semangat merekalah yang harus lebih dari apa yang bisa kita lihat. Pentingnya suatu inovasi dan motivasi bagi mereka (siswa) dalam hal apapun, sehingga anak-anak sebagai penerus bangsa bisa mencapai cita-citanya yang lebih tinggi untuk ke depan,” tambah Nazar.

Penulis: Humas Kelompok KKN 19, Arni Shoufi
Editor : Iva

Comments

comments

makan jeruk