13 September 2019
redaksi pelita 8 (3292 articles)

Mahasiswa Latih Warga Buat Pupuk Bokhasi dari Kotoran Ternak

ACEH UTARA– Mahasiswa KKN Unimal mengadakan pelatihan pembuatan pupuk bokhasi dari kotoran ternak di Gampong Teumpok Teungku. Program yang kreatif dibuat oleh salah satu mahasiswa dari Fakultas Pertanian dari prodi Agroekoteknologi bernama Nur Asmah.

Mahasiswa KKN Unimal Kelompok 56, Nur Asmah mengatakan pelatihan itu ikuti warga setempat dengan tujuannya agar mahasiswa KKN bisa membantu masyarakat memanfaatkan limbah ternak yang ada di lingkungan menjadi pupuk organik yang dapat dimanfaatkan untuk tanaman.

Nur menjelasakan warga setempat kegiatan berkebun dan bertani. Jadi lita bernisiatif untuk membuat inovasi baru dengan mengolah kotoran ternak diolah menjadi pupuk bokhasi dan beberapa bahan yaitu Jerami,EM-4 dan abu sekam.

Lanjutnya, ide ini karena warga setempat rata-rata memelihara ternak sapi dan kambing, bahkan warga setempat kurang mengerti akan pemanfaatan dari bahan bahan ajaib tersebut  ketika disulap menjadi bahan yang berguna.

“Pembuatannya sangat mudah dilakukan dan bahannya sendiri mudah didapatkan disekitaran gampong Teumpok teungku serta aman bagi ekosistem lingkuangannya itu sendiri,”ujarnya

Selain itu,  pupuk bokhasi juga bermanfaat bagi kesuburan tanah dan memperbaikin struktur tanah yang berlempung, yang terdapat didalam kandungan kotoran ternak tersebut serta EM-4 yang ada untuk tanah.

“Pupuk bokasi kotoran ternak dapat digunakan setelah difermentasi selama kurang lebih tujuh hari, serta yang paling utama kotoran ternak yang sudah tercampur oleh tanah bukan kotoran yang mentah,”pungkasnya

Penulis : Ketua Mahasiswa KKN Kelompok 56, Bukhori
Editor : Mul

Comments

comments

Tags aceh utara, KKN
makan jeruk