5 Mei 2018
redaksi pelita 8 (2811 articles)

Mahasiswa KKN Unimal Latih Masyarakat Sistem Pertanian Aquaponik

Mahasiswa KKN Unimal Latih Masyarakat Sistem Pertanian Aquaponik.

Aceh Utara РMahasiswa KKN Unimal memberikan pelatihan sistem pertanian aquaponik kepada masyarakat di Gampong Meunasah Asan Ab, Kecamatan Lhoksukon, Aceh Utara,  Jumat (5/5).

Mahasiswa KKN Unimal kelompok 16 melakukan Program Kreativitas Mahasiswa Pengabdian kepada Masyarakat, mencoba memberdayakan masyarakat Gampong Asan AB melalui pertanian aquaponik. Mereka memberikan pelatihan dan pendampingan kepada warga setempat dalam menerapkan teknik pertanian aquaponik.

Sistem aquaponik merupakan pertanian yang memadukan budidaya ikan air tawar dengan tanaman sayuran dan buah-buahan. Teknologi budidaya sistem aquaponik ini dapat dilakukan di lahan sempit dan sedikit air.

Pelatihan tersebut dilakukan dalam rangka mendorong masyarakat Meunasah Asan AB untuk menerapkan sistem pertanian yang efisien, kata Fitria Mahasiswa KKN Unimal kelompok 16.

Selain memberikan pelatihan pertanian aquaponik, mahasiswa juga memberikan pelatihan hidroponik. Adapun pelatihan yang diberikan berupa pembibitan, pemeliharaan, hingga panen. Dalam pelaksanaan pelatihan, mahasiswa menggandeng seluruh lapisan  masyaarakat untuk berpartisiasi dalam program yang dijalankan oleh mahasiswa.

“Pelatihan tersebut juga diharap dapat menciptakan sumber daya manusia yang terampil dalam menjalankan pertanian aquaponik. Dengan begitu, sistem pertanian ini diharap mampu meningkatkan kesejahteraan masyarakat, serta medongkrak potensi agrowisata dan agribisnis di Gampong Meunasah Asan AB,” ujar Fitria. (*)

Penulis : Fazri Eka Putri, Humas KKN UnimalEditor  : R Mirza

Comments

comments