9 Mei 2020
redaksi pelita 8 (3378 articles)

Mahasiswa KKN Unimal, Jadi Penceramah di Mesjid

 

 

MEDAN – Mahasiswa Komunikasi Universitas Malikussaleh (Unimal), Ahmad Mubaroq menjadi penceramah di Kota Medan. Dalam ceramahnya Ia menyampaikan tentang keutamaan membaca Al Qur’an dan pentingnya silaturahmi.

“Barang siapa yg membaca Alquran di dalam rumahnya maka penghuni langit akan berdoa untuknya dan melihat rumahnya penuh Cahaya layaknya penghuni bumi memandang langit yang penuh bintang, sebagaimana Hadis yang di riwayatkan Baihaqi dalam kitab Tilawatil Quran Al Majid karya Sirojuddin. papar Ahmad di hadapan jamaah Tarawih Mesjid Ikhlasiyah jalan perjuangan Kota Medan, Sabtu (9/5/20).

Kepada jamaah dia berpesan agar sesama muslim harus membangun dan menjaga silaturahmi bukan hanya sebatas masalah bisnis saja atau karena kepentingan semata. Pandemi Covid-19 jangan menjadi penghalang yang membatasi silaturahmi.

Kecanggihan teknologi seperti android dan berbagai aplikasi bisa menjadi solusi agar dapat menjalin hubungan tanpa kontak langsung, sebut Ahmad.

Ia memilih menjadi penceramah di bulan suci Ramadhan sebagai salah satu bentuk pengabdian kepada masyarakat rangkaian dari Kuliah Kerja Nyata (KKN) yang di laksanakannya secara personal saat ini.

Sekedar informasi, KKN Unimal kali ini memang berbeda dari biasanya, menyesuaikan dengan kondisi Pandemi Covid-19 yang melanda dunia termasuk Indonesia, Unimal melakukan penyesuaian skema KKN, tradisi KKN Unimal sebelumnya berupa Pembelajaran Pengabdian Kepada Masyarakat (PPM) yang dilakukan secara terpusat ditiadakan untuk tahun ini dan mahasiswa di bebaskan memilih skema yang di anggap mudah dan sesuai dengan kondisi daerah masing-masing.

Kegiatannya juga boleh di lakukan secara berkelompok maupun perorangan (personal) seperti yang di lakukan Ahmad Mubaroq.

Walaupun KKN tidak terpusat namun mahasiswa tetap dalam pengawasan dan bimbingan dosen pembimbing lapangan (DPL) yang dilakukan secara Daring.

Secara terpisah Dr. Laila Nazirah, dosen pembimbing Ahmad memberikan apresiasi terhadap apa yang dilakukan mahasiswa dampingannya.

“ini yang kita harapkan dari mahasiswa Unimal, pulang ke daerah mampu tampil di hadapan publik dan memberikan pencerahan kepada masyarakat, patut kita apresiasi dan ini citra positif bagi kampus Unimal” Ujar Laila Nazira. [ZS]

Ahmad Mubaraq memberikan Tausiyah kepada Jamah Mesjid Ikhlasiyah Jalan Perjuangan Kota Medan, Sabtu (9/5/20) – Foto: Ist