26 Juli 2019
redaksi pelita 8 (3119 articles)

Mahasiswa KKN Kebangsaan 2019 Mulai melakukan Aktifitas di Ternate dan Tidore


MALUKU UTARA – Usai mengikuti pembekalan peserta Kuliah Kerja Nyata (KKN) Kebangsaan tahun 2019 di Kota Ternate dan Tidore yang berasal dari berbagai propinsi mulai dikirim ke lokasi KKN. Salah satu kelompok diantaranya ditempatkan di Kelurahan Tubo, kecamatan Ternate Utara, Kota Ternate.

Direncanakan, mereka akan menjalankan 3 program utama seperti yang telah ditetapkan Pemerintah setempat melalui Kementerian RISTEKDIKTI, yaitu program non fisik yang fokus pada Ekowisata Kepulauan,Konservasi Rempah dan Mitigasi Bencana.

“Dari Ketiga Program Wajib Tersebut Pemerintah Ternate mengharapkan para duta KKN yang diutus dari berbagai Kampus yang berada Di seluruh Indonesia, dapat memberikan gagasan dan ide-ide baru yang dapat mengatasi dari Ketiga permasalahan program tersebut” ujar Uswatun Hasanah salah satu duta KKN kebangsaan dari Universitas Malikussaleh, Jum’at (26/7/19)

Selain program wajib mereka juga akan melaskanakan program tambahan sesuai keahlian masing-masing. Sejauh ini mahasiswa yang mengabdi di kawasan tersebut telah melakukan survey ke lokasi bersejarah tempat peristirahatan Sultan Ternate yang terbengkalai puluhan tahun yang lalu pasca di terjang lahar dingin dampak Erupsi Gunung berapi Gamalama dan pemetaan potensi di kelurahan tersebut.

“semoga kehadiran adik-adik mahasiswa di tempat kami bisa memberikan pencerahan dan membawa manfaat, semoga ini menjadi program yang berkelanjutan yang bisa dijalankan pemerintah daerah melalui Kelurahan Tubo” ujar Lurah Tubo, Djiko

Harapan lainnya yang di sampaikan Lurah Tubo saat menyambut kehadiran para duta KKN Kebangsaan dari kelompok dua, ekowisata di kelurahan tubo ini dapat dijadikan sebagai sumber potensi yang dapat di explore keluar seperti batik Tubo, seni dan budaya juga beberapa objek alam seperti batu Angus.

Mahasiswa juga di harapakan mampu mengembangkan berbagai produk yang dihasilkan dari rempah berupa pala dan cengkeh serta ada Inovasi yang bisa diberikan mengenai Mitigasi Bencana untuk masayarakat di kelurahan yang dipimpinnya saat ini.

Untuk di ketahui, Universitas Malikussaleh ikut mengirimkan 5 mahasiswa terbaik dalam KKN Kebangsaan kali ini, mereka telah melalui proses seleksi yang ketat. Adapun mahasiswa tersebut Wahyu Saputra( Fakultas Ekonomi dan Bisnis), Uswatul Hasanah (Fakultas Pertanian) mereka melakukan pengabdian di Ternate sementara tiga lainnya Andrey, Akla dan Evi mengabdi di Tidore Kepulauan, mereka bergabung dengan mahasiswa lainnya dari berbagai Universitas di Indonesia. [Wahyu-ZS]

Comments

comments

makan jeruk