23 September 2019
redaksi pelita 8 (3311 articles)

Mahasiswa KKN Edukasikan Warga Tentang Penyambungan Bibit Durian

ACEH UTARA- Sejumlah warga di Gampong Alue Rambee, Kecamatan Kuta Makmur, Aceh Utara mengikuti edukasi penyambungan bibit durian yang dilakukan Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) Universitas Malikussaleh (Unimal) yang sedang mengabdi di gampong tersebut.

Edukasi itu dilaksanakan mahasiswa Kelompok KKN 65 beberapa waktu lalu, di kebun milik seorang warga Gampong Alue Rambee.

Salah seorang mahasiswi Jurusan Agroekoteknologi Unimal, Kurnia Tika Sari, mengatakan, bahwa proses penyambungan bibit durian ini dapat dilakukan pada jenis durian yang sama sebagai rostock (batang bawah) dan entresnya (batang atas) ataupun dari jenis durian yang berbeda. Tujuan dari penyambungan bibit durian ini adalah untuk mendapatkan pohon durian yang memiliki perakaran kuat serta buah yang bagus.

“Untuk dapat melakukan penyambungan pada bibit durian ini, maka yang perlu disiapkan adalah rostock (batang bawah) yang dapat diperoleh dari sembarang biji durian. Kemudian ditanam di dalam polibag dan entres (batang atas) sesuai dengan kriteria durian yang kita inginkan,” kata Kurnia Tika Sari.

Selanjutnya, Kurnia Tika menambahkan,
alat yang dibutuhkan lainnya adalah pisau yang steril dan tajam, plastik bening untuk mengikat dan sungkup. Mahasiswa berharap dengan adanya edukasi penyambungan bibit durian ini akan lebih menambah pengetahuan warga serta dapat membantu warga untuk mendapatkan pohon durian yang bagus.

Geuchik Gampong Alue Rambee, Abdussamad, menyampaikan bahwa pihaknya mendukung kegiatan tersebut, karena selama ini dirinya pun sudah beberapa kali mencoba melakukan penyambungan durian, tetapi belum berhasil.

“Kita berharap nantinya edukasi yang diberikan oleh mahasiswa KKN dapat langsung dipraktikkan oleh warga gampong sehingga masyarakat terlatih untuk melakukannya,” tuturnya.

Dosen Pembimbing Lapangan (DPL), Yuli Asbar, S.E., M.Sc., mengungkapkan, ia
mendukung program yang dilakukan mahasiswa KKN dari bimbingannya tersebut.

“Saya berharap mahasiswa yang mengabdi di Gampong Alue Rambee dapat berbagi ilmunya yang selama ini diperoleh di bangku kuliah, untuk diaplikasikan kepada masyarakat. Sehingga nantinya ada inovasi-inovasi baru yang manfaatnya dapat dirasakan warga gampong,” harapnya.

Penulis: Humas Kelompok KKN 65, Fitriani
Editor : Iva

Comments

comments

makan jeruk