18 September 2019
redaksi pelita 8 (3311 articles)

Mahasiswa KKN di Kuta Makmur Ajarkan Kaum Ibu Membuat Kue dari Kulit Lumpiah

ACEH UTARA- Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) Universitas Malikussaleh (Unimal) melatih kaum ibu Gampong Alue Rambee, Kecamatan Kuta Makmur, Aceh Utara, cara mengolah makanan dari kulit lumpiah, Selasa 17 September 2019.

Mahasiswa KKN Kelompok 65 itu dibimbing Yuli Asbar, S.E., M.Sc., yang sedang melakukan pengabdian kepada masyarakat di gampong setempat.

Ketua Kelompok KKN 65 Unimal, Ripai Harahap, mengatakan, makanan itu diolah menjadi tiga jenis yaitu pisang roti krispi, lorendo dan selai dari kulit pisang. Pertama mahasiswa mengajarkan bagaimana cara membuat lorendo, itu dibuat dari kulit lumpiah lalu digulung dan digoreng, terakhir baru dimasukkan bumbu balado.

Ia menambahkan, sedangkan cara membuat roti pisang krispi yaitu bahan utama yang diperlukan adalah pisang, roti dan susu. Pertama diajarkan kaum ibu bagaimana cara menggulung pisang pakai roti, setelah itu dicampur dengan tepung dan dicampurkan tepung panir. Sementara menu spesial adalah mengolah kulit pisang menjadi selai, di mana biasanya pisang sudah digunakan dan di buang kulitnya.

“Tetapi sekarang kulit pisang bisa diolah menjadi menu lain, seperti selai kulit pisang. Jadi sekarang kulit pisang bukan hanya dibuang, tapi bisa dimanfaatkan sebagai menu makanan. Selai dari kulit pisang itu juga sangat gampang untuk dibuatnya, di mana kulit pisang tersebut hanya direbus sampai lunak kemudian diblender dan dimasak lalu diberikan gula putih dan minyak pisang,” kata Ripai Harahap.

Penulis: Humas Kelompok KKN 65, Fitriani
Editor : Iva

Comments

comments

makan jeruk