10 Agustus 2017
redaksi pelita 8 (3292 articles)

Mahasiswa Ikut Melestarikan Tradisi Adat “Kenduri Blang “

Aceh utara – Warga gampong Meunje Payong, Kecamatan Murah Mulia, Aceh Utara mengadakan tradisi adat “kenduri blang” bersama mahasiswa KKN PPM Universitas Malikussaleh (Unimal), Aceh, Kamis (10/8).

Tradisi adat yang seperti ini masih dijunjung tinggi oleh masyarakat Aceh, dengan tujuan untuk mensyukuri nikmat Allah SWT.

Ketua kelompok KKN 45 Eggy Syahputra mengatakan, tradisi ini harus tetap dilestarikan untuk mensyukuri nikmat yang telah diberikan oleh pencipta alam semesta.

Kami sangat antusias melestarikan adat ini, tradisi adat seperti ini harus tetap dipertahankan khususnya oleh kaum muda di Aceh, jangan biarkan budaya barat merusak tradisi adat kita ini yang telah dipertahankan oleh leluhur dahulu, ini bentuk mensyukuri nikmat Tuhan YME, katanya.

Kepala Desa (geuchik) gampong Meunje payong, Abdul Manaf (56) menjelaskan, tradisi adat “kenduri blang” ini kegiatan rutinitas tahunan yang digelar saat hendak memulai bertani sawah setelah panen musim yang lalu.

“Kami sangat senang mahasiswa juga antusias mengikuti kenduri blang tersebut, selain bentuk syukur, gelaran tradisi adat ini juga membuat masyarakat bisa saling rukun dalam bermasyarakat,” ungka Abdul Manaf.

Tradisi adat “kenduri blang” yang hampir hilang ini , diharapkan mampu dipertahankan oleh kaum muda khusus nya di aceh agar tradisi adat nenek moyang kita tidak termakan oleh zaman. “Adat Bak Po Teumeureuhom, Hukom bak Syiah Kuala, pungkasnya. (*)

Penulis :Syahul
Editor : Rahmat Mirza

Comments

comments

makan jeruk