12 Mei 2017
redaksi pelita 8 (3376 articles)

Mahasiswa IAIN Ciptakan Budaya Membaca Sejak Dini Kepada Siswa SD

 

ACEH UTARA– Mahasiswa Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Lhokseumawe, mengadakan program menciptakan budaya membaca sejak dini kepada siswa Sekolah Dasar (SD), kegiatan itu digagas oleh kelompok 44 mahasiswa Kuliah Pengabdian Masyarakat (KPM) IAIN di Desa Keude Nibong, Kecamatan Nibong, Kabupaten Aceh Utara, Kamis (11/5/2017).

Ketua Kelompok KPM 44, Nurfadilah, mengatakan, ini merupakan salah satu program kerja mahasiswa yang akan berlangsung selama KPM di desa tersebut, perlu diketahui bersama bahwa minat baca siswa itu sangat rendah, karena hal ini tidak dibiasakan sejak kecil.

“Program ini kita fokuskan untuk siswa SD, oleh karena itu kita berinisiatif membuat program dimaksud untuk membangkitkan semangat anak-anak agar mencintai buku dan memiliki niat membaca,” ungkap Nurfadilah.

Ia menambahkan, untuk itu peran orang tua pun sangat penting untuk bisa memberikan motivasi anak-anak supaya menumbuhkan minat membaca, jika minat baca mereka sudah mulai tinggi, maka akan menjadi generasi penerus bangsa yang berkualitas untuk kedepan.

“Program kita ini disambut baik oleh masyarakat setempat, terlebih disaat libur sekolah semester. Sehingga mereka (Siswa) bisa melakukan kegiatan yang lebih positif dan bermanfaat,” ujar Nurfadilah.

Sementara itu, Kepalada Desa (Geuchik) Keude Nibong, M. Isa, mengatakan, diharapkan program budaya minat baca yang dilakukan oleh mahasiswa KPM IAIN Lhokseumawe itu dapat berjalan dengan baik selama mengabdi di desa ini, dengan adanya kegiatan seperti ini tentu akan berubah pola pikir para siswa yang lebih baik lagi kedepan.

@Humas Kelompok KPM 44, Shafiati
@Editor: Zielva