4 Oktober 2018
redaksi pelita 8 (2814 articles)

Mahasiswa Demo Pupuk Organik Cair dari Bahan Dapur

Sejumlah ibu rumah tangga di Tanjong Kleng Samudera Aceh Utara, belajar membuat Pupuk Organik Cair dari bumbu masakan, di Meunasah setempat -Foto : Belsa (4/10)

ACEH UTARA – Selama masa Kuliah kerja Nyata (KKN) Mahasiswa Unimal giat kampanyekan penggunaan  Pupuk Organik di Aceh Utara.

tidak hanya melakukan kampanye, mereka juga aktif melatih warga desa cara mengolah pupuk organik secara sederhana dengan biaya rendah.

Minggu lalu mahasiswa yang melaksanakan tugas KKN di Meunasah Kumbang Tanah Pasir, membuat pupuk organik dari sayuran dan buah-buahan busuk. Di desa lainnya  warga di latih membuat pupuk organik dan pestisida Nabati dari dedaunan seputar rumah.

Kali ini lebih unik lagi, kelompok 55 mengajarkan Ibu-ibu di Tanjong Kleng Samudra mengolah pupuk organik cair dari bahan dapur berupa  air kelapa, kecap asin dan micin.

“Bahannya banyak di kampung ini, apalagi kelapa, selama ini ibu-ibu hanya mengambil  santan sementara airnya di buang ” jelas Ayu Alpiatina mahasiswi pertanian yang mengabdi di desa ini, Kamis (4/10) usai pelatihan di Meunasah setempat.

Ayu menjelaskan,  Pupuk organik cair bisa membantu pertumbuhan dan perkembangan vegetatif pada tumbuhan seperti sawi, kangkung, bayam, bunga dan tanaman lainnya yang sejenis.[Belsa*za]

* Mahasiswi KKN Unimal 2018 pol.55

Comments

comments