11 September 2019
redaksi pelita 8 (3292 articles)

Mahasiswa Buat Pembasmi Hama dari Bahan Alternatif

ACEH UTARA- Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) Universitas Malikussaleh (Unimal) membuat pestisida untuk pembasmi hama berbahan alternatif. Hal itu dilakukan guna mengurangi pemakaian pastisida kimia untuk warga Gampong Alue Badee, Kecamatan Simpang Keuramat, Aceh Utara, Senin 9 September 2019.

Kegiatan itu dilaksanakan Kelompok KKN 01 yang sedang mengabdi di gampong tersebut, dan diikuti sejumlah warga setempat.

Ketua Kelompok KKN 01, Adi Ritonga mengatakan, mahasiswa berinisiatif membuat pestisida ini karena melihat warga di gampong itu mayoritasnya adalah petani. Maka dengan membuat ini warga bisa mengikuti langkah pembuatanya dan tidak bergantung lagi pada pembasmi hama berbahan kimia.

“Bahan-bahan yang dibutuhkan yakni daun pepaya, minyak tanah, diterjen, dan air bersih. Adapun cara pembuatanya pertama sediakan ember yang berisikan air dan kemudian tumbuk daun pepaya hingga setengah halus. Kemudian masukkan tumbuhan pepaya yang ditumbuk itu ke dalam baskom yang berisikan air,” kata Adi.

Adi menambahkan, lalu
masukkan minyak tanah secukupnya ke dalam baskom hingga merata, kemudian tuangkan diterjen secukupnya dan aduk hingga merata tetapi jangan sampai berbusa. Selanjutnya diamkan selama satu malam, setelah itu disaring dan ampasnya dibuang.

“Masyarakat di gampong itu sangat mengapresiasikan pembuatan pestisida ini dan selain bahannya yang mudah ditemukan, masyarakat juga tidak tergantung lagi terhadap pestisida berbahan kimia,” tambah Adi.

Penulis: Humas Kelompok KKN 01, Mulyani
Editor : Iva

Comments

comments

makan jeruk