1 Mei 2018
redaksi pelita 8 (3292 articles)

Mahasiswa Buat Alat Ukur Kesuburan Tanah untuk Warga di Aceh Utara

 

ACEH UTARA- Membuat alat ukur kesuburan tanah sederhana dengan menggunakan peralon dan bohlam, kebersihan dalam pertanian sangat dipengaruhi oleh faktor kesuburan tanah. Namun banyak petani yang masih mengabaikan hal tersebut.

Oleh karena itu, mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) Universitas Malikussaleh (Unimal) Aceh Utara, berinisiatif membuat alat kesuburan tanah untuk dipergunakan oleh masyarakat khususnya di Gampong Ara AB, Kecamatan Lhoksukon, Kabupaten Aceh Utara, Selasa 1 Mei 2018.

“Setiap jenis tanah memiliki kandungan mineral tanah yang berbeda, oleh karenanya kita menciptakan alat ini untuk melihat kandungan tanah tersebut dengan alat yang sederhana. Kita berharap dari hasil karya mahasiswa ini bisa bermanfaat untuk masyarakat,” kata Reza salah seorang mahasiswa Kelompok KKN 13.

Menurut Reza, pengujian alat tersebut dengan mengambil tiga sampel tanah, kemudian dilihat keterangan dari cahaya lampu tersebut. Jika menyala terang, maka tanah itu dikategorikan bagus untuk ditanam tanaman, namun sebaliknya apabila redup atau tidak menyala, maka tidak layak digunakan untuk areal tanaman.

“Karena selama ini warga si desa itu sering mengeluh terhadap tanaman hias yang mereka tanam tidak tumbuh subur, maka kita memberikan kontribusi yang bermanfaat bagi mereka (warga) sebagai inovasi baru,” ungkap Reza.

Sementara itu, salah seorang warga desa setempat, Nurhayati mengapresiasi atas program mahasiswa yang diimplementasikan kepada masyarakat di desa.

“Alat ukur kesuburan tanah itu merupakan menjadikan solusi bagi kita, tentunya sangat bermanfaat,” ujarnya.

Penulis: Fanie, Humas Kelompok KKN 13
Editor : Zielva

Comments

comments

makan jeruk