Kunjungi Lokasi Bencana Lhoksukon, Letjen TNI Doni Munardo Serahkan Bantuan ke 7 Bupati Aceh

Pelita8, Aceh Utara – Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Letjen TNI Doni Monardo, mengunjungi kawasan lokasi banjir di Lhoksukon, Kabupaten Aceh Utara, Kamis, (10/12/2020).

Menggunakan pesawat CN 295 TNI Angkatan Udara. Letjen TNI Doni Monardo beserta rombongan tiba di Bandara Malikussaleh  Pukul 12.05 WIB.

Dari Bandara Malikussaleh, Kepala BNPB Letjen TNI Doni Monardo didampingi Danrem 011/LW Kolonel Inf Sumirating Baskoro, Bupati Aceh Utara H. Muhammad Taib dan rombongan menggunakan Bus menuju ke Lokasi banjir.

Setiba di Lokasi banjir, Kepala BNPB bersama rombongan melihat kondisi Kantor Koramil 06/Lhoksukon yang hampir 90% terendam banjir.

Kemudian, dari Koramil berjalan kaki menuju seputaran untuk melihat rumah warga yang terkena banjir, dilanjutkan melihat Tanggul Desa Kuta Lhoksukon, mengunjungi Pos pelayanan Kesehatan TNI-AD Kesrem TK IV Lhokseumawe, dan melihat Tanggul di Desa Paya Beurandang, Kecamatam Tanah Luas, dan dilanjutkan kembali ke Bandara Malikussaleh.

Di Bandara Malikussaleh, Kepala BNPB Letjen TNI Doni Monardo menyerahkan bantuan secara simbolis untuk Wilayah di 6 Kabupaten Kota Provinsi Aceh, yang diterima langsung oleh Bupati maupun diwakilkan masing-masing wilayah Kabupaten.

Diantaranya, Kabupaten Aceh Utara sebesar Rp. 1 Miliar Rupiah, ditambah 200 juta dari Kementerian Sosial, Kabupaten Aceh Timur Rp. 1 Miliar Rupah, Kabupaten Bener Meriah Rp. 500 Juta, Kabupaten Agara Menerima RP. 500 Juta, Subulussalam menerima Alat Kesehatan, Kota Lhokseumawe menerima alat kesehatan dari BNPB.

Dalam siaran persnya, Kepala BNPB Letjen TNI Doni Monardo mengatakan, BNPB hari ini telah melakukan kunjungan ke beberapa titik di Wilayah Aceh Utara.

Dari hasil rapat dengan sejumlah Bupati/Wali Kota sepakat untuk memisahkan masyarakat di pengungsian yang rentan dengan masyarakat secara fisik dalam keadaan sehat.

Karena bisa jadi yang sehat sudah memiliki riwayat covid. Tetapi tidak diketahui. Apabila ini disatukan berdampak kepada yang rentan, seperti lansia, Ibu Hamil, Ibu Menyusui dan Balita, itu wajib dipisahkan.

Selain itu, Kepala BNPB mengatakan, melihat dari udara saat akan mendarat ke Malikussaleh, masih adanya pendangkalan muara sungai dan penyempitan aliran sungai, dari itu, BNPB akan memberikan dukungan bekerjasama dengan pihak kementerian PUPR untuk mempercepat agar air yang ada di sungai segera mengalir ke Laut.

Letjen TNI Doni Monardo berterima kasih kepada Tim Gabungan Baik TNI, Polri, BPBD dan sukarelawan lainnya, dari pertama tanggal 4 Desember terjadinya bencana, telah bekerja keras untuk memberikan bantuan termasuk juga bapak wakil menteri PUPR yang berkunjung untuk meninjau langsung.

Presiden Jokowi telah memberikan instruksi kepada BNPB untuk ikut membantu daerah-daerah yang berdampak longsor banjir untuk ditanami dengan tanaman vetiver, ini tidak terlalu sulit kita dapatkan terutama di beberapa daerah yang sudah sekian tahun terakhir memproduksi

“mencegah tidak ada lagi penebangan-penebangan ilegal, semua pihak harus kerjasama antar unsur yang ada untuk bisa menjaga dan melakukan penghijauan ditingkatkan kembali dan masyarakat yang masih melakukan upaya-upaya menebang tanaman pohon ini harus kita cegah”, ungkapnya. (win)