Kreatif Mahasiswa Ubah Eceng Gondok jadi Pupuk Kompos

Mahasiswa KKN Unimal kelompok 103 mengolah Eceng Gondok menjadi pupuk organik di Kampung Hakim Bale Bujang, Kecamatan Lut Tawar, Kabupaten Aceh Tengah. Rabu (11/11). Foto : Yudi

Pelita8-Lhokseumawe, Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) Universitas Malikussaleh melalui programnya membuat inovasi pupuk kompos berbahan dasar eceng gondok bersama masyarakat di Kampung Hakim Bale Bujang, Kecamatan Lut Tawar, Kabupaten Aceh Tengah. Rabu (11/11).

“Kegiatan ini bertujuan agar masyarakat mengurangi ketergantungan penggunaan pupuk kimia. Pupuk eceng gondok organik mudah diolah dan harganya yang relatif murah dapat menjadi alternatif bagi warga setempat agar beralih menggunakan pupuk alami” pungkas Ketua kelompok 103 Yudi Ramadhan.

Kompos ini dapat digunakan untuk membantu menyuburkan tanah. Dalam penanamannya, mahasiswa memanfaatkan lahan pekarangan rumah warga setempat untuk ditanami kacang merah, sawi, bayam serta selada dan tanaman obatan seperti jahe, kunyit, lengkuas dan serai.

“Eceng gondok di pingiran sungai tidak termanfaatkan. Saya baru tahu juga kalau eceng gondok ini bisa dijadikan pupuk seperti yang di buat adik-adik Mahasiswa KKN” ujar Siti Nafisah Istri Kepala Desa setempat. (Mag/Dek).