6 September 2019
redaksi pelita 8 (3292 articles)

Kreatif, Mahasiswa Latih Ibu PKK Manfaatkan Belimbing Wuluh Jadi Sirup

ACEH UTARA- Sejumlah kaum ibu dilatih membuat kreasi makanan dan minuman yang diolah dari buah belimbing wuluh menjadi sirup. Pelatihan itu dilakukan mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) Universitas Malikussaleh (Unimal), di Gampong Meunasah Masjid, Kecamatan Meurah Mulia, Aceh Utara, Rabu 4 September 19.

Selain itu mahasiswa juga memberikan pelatihan kepada ibu Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (PKK)setempat cara membuat kue bolu zebra dan bolu pandan kelapa.

Ketua Kelompok KKN 33 Unimal, Muhammad Samudra, mengatakan, gampong itu merupakan termasuk daerah yang banyak ditumbuhi pohon belimbing wuluh, sehingga mahasiswa muncul ide untuk mengolahnya yang belum pernah diolah sebelumnya oleh warga gampong tersebut. Pengolahan belimbing wuluh menjadi sirup merupakan ide dari salah seorang mahasiswi, yaitu Dwi Agita Syahyanti Harahap. Karena dia (Dwi) melihat banyak tanaman belimbing wuluh disekitar gampong itu maka dapat dimanfaatkan sebagaimana hal dimaksudkan.

“Proses pembuatan sirup dilakukan merendam belimbing wuluh dengan gula selama dua hari, lalu di masak sampai mendidih dan terakhir disaring. Tidak hanya minuman, kita juga membuat suatu produk makanan berupa bolu zebra yang diolah langsung oleh mahasiswa, dan bolu pandan kelapa kreasi dari mahasiswi Kelompok KKN 33, Siska. Kreasi makanan dan minumah tersebuat dibuat guna memberikan pelatihan kepada ibu PKK di Gampong Meunasah Masjid, supaya nantinya dapat bermanfaat bagi ibu-ibu tersebut,” ujar Muhammad Samudra.

Samudra menambahkan, karena pihaknya melihat kaum ibu PKK kurang aktif kegiatan mereka. Oleh karena itu, pihaknya berinisiatif memberikan pelatihan pengolahan kreasi makanan dan minuman yang nantinya dapat bermanfaat dan menjadi suatu usaha yang dapat dirintis warga setempat khususnya kaum ibu.

Penulis: Humas Kelompok KKN 33, Dwi Agita Syahyanti Harahap
Editor : Iva

Comments

comments

makan jeruk