21 Maret 2017
M. Sikumbang (82 articles)

Kreatif, Mahasiswa KKN Unimal Jadikan Pepaya Bahan Dasar Nugget

Mahasiswa KKN Unimal sedang mengajarkan warga Desa Buket, Kecamatan Kuta Makmur, Aceh Utara cara pembuatan nugget dengan bahan dasar pepaya. Foto : Vika Hanum

ACEH UTARA- Mahasiswa KKN Unimal kelompok 55 yang mengabdi di Desa Buket, Kecamatan Kuta Makmur, Aceh Utara ajarkan masyarakat pembuatan makanan Nugget. Biasanya dibuat dengan daging, namun mereka mengubahnya dengan buah pepaya yang dijadikan bahan dasar membuat Nugget.

“Nugget daging mahal, makanya kami ajarkan warga cara pembuatan nugget dari pepaya yang sudah matang, selain mudah didapat harganya pun jauh lebih murah,” kata Muly Aryanti Ginting, salah seorang mahasiswi yang mengabdi di desa itu, Selasa (21/3/17).

Muly menjelaskan pembuatan nugget dari pepaya sangat mudah yakni dengan bahan utama pepaya yang sudah matang kemudian di blender lalu ditambahakan tepung terigu, bawang merah, bawang putih, cabe rawit secukupnya serta tambahkan sedikit penyedap.

Mahasiswa KKN Unimal sedang mengajarkan warga Desa Buket, Kecamatan Kuta Makmur, Aceh Utara cara pembuatan nugget dengan bahan dasar pepaya. Foto : Vika Hanum

“Setelah campur bahan-bahan tersebut, lalu kukus selama 45 menit. Setelah itu potong sesuai selera dan terakhir baru di goring,” tambah Muly.

Muly menambahkan kegiatan ini dilakukan di Meunasah dan diikuti oleh ibu-ibu yang sangat antusias karena sebelumnya belum pernah merasakan nugget yang terbuat dari pepaya.

“Rasanya sangat enak apalagi dimakan dengan saus, bahannya pun mudah didapatkan dan harganya juga murah,” sebut Marliah, salah seorang warga.

 

Penulis : Vika Hanum H55
Editor  : M. Sikumbang