7 November 2017
redaksi pelita 8 (2313 articles)

KPw BI Aceh Lakukan Pemberdayaan Kemandirian Ekonomi Pesantren

Kantor Perwakilan (KPw) Bank Indonesia (BI) Provinsi Aceh memberikan bantuan sosial kepada dua Pesantren atau Dayah Babul Maghfirah dan Dayah Modern Darul Ulum, Selasa (7/11/2017). Foto/IST

BANDA ACEH – Kantor Perwakilan (KPw) Bank Indonesia (BI) Provinsi Aceh memberikan bantuan sosial kepada dua Pesantren atau Dayah Babul Maghfirah di Gampong Lam Alue Cut, Kecamatan Kuta Baro Kabupaten Aceh Besar dan untuk Dayah Modern Darul Ulum Gampong Keuramat, Kecamatan Kuta Alam, Banda Aceh, Selasa (7/11).

Kepala KPw BI Prov Aceh Ahmad Farid mengatakan, melalui program sosial BI untuk pemberdayaan ekonomi dayah/pesantren pihaknya menyerahkan bantuan ini supaya dapat membantu peningkatan ekonomi di pesantren.

“Bank Indonesia harus dirasakan kehadirannya oleh masyarakat, kita diseluruh Indonesia komit mengembangkan ekonomi pesantren. Ini juga sebagai rasa kepedulian dan kecintaan kita terhadap Dayah,” kata Ahmad Farid dalam sambutannya saat menyerahkan bantuan di pesantren Babul Maghfirah Aceh Besar.

Bantuan bagi kedua pesantren ini diserahkan dalam bentuk yang berbeda, untuk dayah Babul Maghfirah diberikan sarana dan pra sarana pertanian, peternakan dan perkebunan.

Sedangkan untuk dayah Darul Ulum diberikannya bantuan alat konfeksi dan percetakan lainnya dalam mendukung peningkatan perekonomian bagi santri. “Ini akan terus kita monitor secara intensif nantinya, maka semua itu harus dimanfaatkan sesuai amanah,” ujarnya.

Ahmad Farid berharap, Babul Maghfirah dan Darul Ulum kedepannya bisa menjadi tauladan bagi dayah lainnya di Aceh. Untuk itu semua ini perlu dijalankan secara tekun. Apalagi kedepan banyak dayah yang bakan dikembangkan.

Selain itu, Ahmad juga menginginkan dayah dapat memberikan manfaat lebih kepada lingkungan dan masyarakat disekitarnya. “Pesantren di Aceh harus maju dan berkembang, dan ini tugas kita bersama,” harapnya.

Ahmad Farid, meminta kepada Kepala Dinas Pendidikan Dayah Aceh, Bustami Usman untuk bekerja sama dengan KPw BI Prov Aceh, sehingga kedepan diketahui mana saja pesantren yang memang layak mendapatkan bantuan serta mereka mau berkembang.

Sementara itu, Pimpinan Dayah Babul Maghfirah, Masrul Aidi mengucapkan terima kasih kepada BI Perwakilan Aceh yang telah memberikan kepercayaan kepada pesantren yang dipimpinnya dan Dayah Darul Ulum sebagai percontohon terkait peningkatan ekonomi di pesantren.

“Amanah ini akan kami jaga secara maksimal, seutuhnya, dan kedepan pesantren bisa lebih mandiri lagi,” ujar Masrul Aidi.

Dalam penyerahan bantuan sosial ini turut dihadiri Kepala Dinas Pendidikan Dayah Aceh, Bustami Usman, Deputi Kepala KPw BI Prov Aceh Teuku Munandar serta perwakilan dari pimpinan dayah Darul Ulum Banda Aceh. (*)

Editor : Rahmat Mirza

Comments

comments