29 Agustus 2019
redaksi pelita 8 (3292 articles)

Keren, Ada Alat Tanam Benih Langsung Hasil Modifikasi di Gampong Ini

Lhoksukon- Alat tanam benih langsung (Tabela) hasil modifikasi karya kelompok petani di Gampong Krueng Manyang, Kecamatan Kuta Makmur, Aceh Utara resmi diuji coba. Alat tersebut dibuat untuk memudahkan petani menanam padi dan pastinya murah.

Percobaan itu dilakukan oleh para petani di depan petugas dari Dinas Pertanian Aceh Utara dan juga Mahasiswa KKN Unimal kelompok 83  yang sedang mengabdi di gampong tersebut.

“Tujuan inovasi alat tanam benih (Tabela) berawal dari masyarakat Indonesia yang menggunakan cara manual. Kemudian berinovasi hingga merakit alat modifikasi tanam benih langsung (Tabela) untuk mempermudah penaman padi,” kata Badruddin, innovator alat Tabela dari Kelompok Tani Mawar gampong setempat, Kamis (29/8/2019).

Kata Badruddin, manfaat dari penggunaan alat Tabela ini  untuk menghemat tenaga dan biaya dari cara sebelumnya yakni tradisional.

Sementara, salah seorang penyuluh pertanian, Dedi Mahadi mengatakan teknik penggunaan alat Tabela ini, digunakan di area persawahan yang tingkat air nya dapat diatur tinggi-rendahnya sehingga air yang dibutuhkan untuk pertumbuhan benih padi dapat selalu dikontrol sesuai kebutuhan.

Cara kerja alat ini sangat sederhana dimana benih padi berada dalam beberapa buah bola yang telah diatur jarak tanamnya. Masing-masing bola memiliki lobang yang fungsinya untuk mengeluarkan benih padi setiap kali roda pada alat Tabela ini berputar seiring dengan perputaran roda yang terhubung dengan bola pada alat tersebut.

Penulis: Humas KKN Klp 83, Hanny Sulaiman

Editor: Hrs

Comments

comments

Tags aceh, uni
makan jeruk