19 September 2017
redaksi pelita 8 (3015 articles)

Kepala KPw BI Lhokseumawe Resmikan Pojok Baca Bank Indonesia (BI Corner) di Bireuen

Wakil Bupati Bireuen Muzakkar A. Gani didampingi Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Aceh Zulkifli bersama Kepala KPw BI Lhokseumawe Yufrizal meresmikan penggunaan Pojok Baca Bank Indonesia (BI Corner) Cabang Lhokseumawe di Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Bireuen, Selasa (19/9/2017). Foto/IST

BIREUEN – Wakil Bupati Bireuen Muzakkar A. Gani didampingi Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Aceh Zulkifli bersama Kepala KPw BI Lhokseumawe Yufrizal meresmikan penggunaan Pojok Baca Bank Indonesia (BI Corner) Cabang Lhokseumawe di Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Bireuen, Selasa (19/09).

Peresmian itu turut dihadiri unsur Forkopimda Kabupaten Bireuen, Kadis Perpustakaan dan Kearsipan Bireuen Ir Ramli Umar, para Asisten, para Kepala SKPK di lingkungan Pemkab Bireuen, para Kepala SD, SMP, SMA, Mahasiswa dan para siswa lainnya.

Kepala Perpustakan dan Kearsipan Propinsi Aceh, Zulkifli dalam sambutannya menyampaikan apresiasi kepada pimpinan Bank Indoneia Cabang Lhokseumawe yang telah ikut berpartisipasi dalam mencerdaskan masyarakat Bireuen melalui program sosial Bank Indonesia Tematik 2017 menyediakan Pojok Baca (BI Corner).

Di Indonesia indeks minat baca masih rendah, hanya satu dari seribu orang indonesia yang mempunyai minat baca, sesuai dengan data UNESCO. “Menyingkapi hal tersebut kita harus tetap optimis untuk dapat menaikkan indeks baca kita dengan berbagai upaya, kiat dan cara serta usaha yang sungguh–sungguh,” kata Zulkifli.

Ditambahkan, dirinya untuk mengatasi permasalah itu dirinya bersinergitas serta melakukan kerja sama dengan berbagai pihak untuk dapat dengan cepat memenuhi kebutuhan untuk semua lapisan masyarakat untuk mencerdasaskan masyarakat Aceh sesuai dengan misi dan visi Gubernur Aceh “Mewujudkan Aceh Carong dan Islami”.

Langkah yang dilakukan oleh Bank Indonesia (BI) Cabang Lhokseumawe patut kita Apresiasi dan hargai, oleh karena itu kami mengucapkan ribuan terimakasih dan semoga di setiap perpustakaan umum Kabupaten/Kota dan juga Provinsi terdapat pojok baca BI sehingga gaung kerja sama ini menjadi lebih erat dan terus berlanjut sampai masa yang akan datang, ujar Zulkifli.

Sementara itu, Kepala Kantor Perwakilan Bank Indonesia (KPW BI) Lhokseumawe Yufrizal mengatakan, melalui penyediaan fasilitas pojok baca Bank Indonesia atau “BI Corner” di Perpustakaan Daerah Bireun ini, sebagai momentum sekaligus menjadi media strategis untuk menjalin komunikasi dua arah antara Bank Indonesia dengan stakeholders kami yang ada di Bireun.

BI Corner merupakan bagian dari tema unggulan pelaksanaan Program Sosial Bank Indonesia atau di lembaga komersial dikenal CSR dengan tajuk “Indonesia Cerdas”. BI Corner sekaligus mendorong kegiatan edukasi dan peningkatan kualitas pendidikan melalui penyediaan koleksi buku atau publikasi berkualitas di masyarakat. Hal ini tidak terlepas dari upaya untuk menciptakan generasi gemar membaca, dimulai dari anak-anak usia usia dini hingga mahasiswa di perguruan tinggi, kata Yufrizal.

Melalui skema hibah terprogram, penerima manfaat diharapkan dapat merawat dan menambah koleksi pustaka yang telah disediakan sehingga dapat bermanfaat secara optimal bagi masyarakat, serta dapat melanjutkan program-program kegiatan yang telah diinisiasi oleh Bank Indonesia.

Untuk mendukung supaya edukasi dan sosialisasi yang masif, Bank Indonesia menargetkan sebanyak 1000 BI Corner diseluruh Indonesia yang dipenuhi secara bertahap dari tahun 2015 hingga 2019. Pada tahun 2015/2016 yang lalu, KPw BI Lhokseumawe telah menyerahkan tiga pojok baca BI yang berada di FEB Universitas Malikussaleh, Politeknik Negeri Lhokseumawe dan IAIN Lhokseumawe.

Pojok baca di Perpustakaan Daerah Bireuen ini merupakan pendirian ke empat kalinya dalam wilayah kerja Kantor Perwakilan Bank Indonesia Lhokseumawe dan yang pertama kalinya berada di Perpustakaan Daerah. Dengan jumlah buku yang diserahkan mencapai 1.249 buku, terdiri dari 280 judul berbahasa Indonesia dan 29 judul ber bahasa Inggris. Rencananya secara bertahap akan didirikan di sejumlah kampus negeri lain. Sebelumnya, kami juga telah menghibahkan sebanyak 940 buku dan 2 unit komputer.

“Melalui BI Corner ini akan tercipta generasi penerus yang berkontribusi aktif dalam pembangunan perekonomian Indonesia dan Kabupaten Bireun secara khusus,” pungkas Kepala KPw BI Lhokseumawe Yufrizal.

Penulis : Rahmat Mirza

Comments

comments