31 Juli 2016
redaksi pelita 8 (3017 articles)

JPKP : Dana Desa Harus Dikelola Sesuai Amanah UU Keterbukaan Informasi Publik

CALANG – Proyek dana desa tahun 2016 yang di kelola oleh desa sudah banyak di kerjakan hampir seluruh desa di Kabupaten Aceh Jaya dari Teunom sampai ke Jaya, Minggu (31/07).

Namun dari seluruh pekerjaan yang sedang dilaksanakan, banyak proyek yang tidak dipasangkan papan nama dan ini merupakan keharusan setiap pembangunan tersebut dikerjakan.

Pantauan pelita8.com  sebagian desa yang ada di  Aceh Jaya,  masih mengabaikan papan nama proyek yang dikerjakan sehingga masyarakat tidak tahu berapa dana desa untuk pembangunan tersebut.

KETUA Jaringan Pendamping Kebijakan Pembangunan (JPKP) Aceh Jaya Fajr, menyebutkan, kalau mengacu pada UU Nomor 14 Tahun 2008 Tentang Keterbukaan Informasi Publik. Maka setiap pembangunan yang sedang dibangun harus di sampaikan pada semua masyarakat, sehingga masyarakat bisa mengetahui tentang bagaimana pelaksanaan dari UU KIP di daerah-daerah.

Dengan begitu semua elemen masyarakat bisa bersatu padu dalam mengawasi dan bersama membangun desa untuk kesejahteraan masyarakat, kata Fajri.

“ Pihak desa harus transparans dan terbuka sesuai dengan intruksi menteri desa sesuai amanah UU No 14 tahun 2008 tentang keterbukaan publik, sehingga seluruh masyarakat bisa mengetahui dan mengontrol penggunaan anggaran setiap kegiatan penggunaan dana desa,” terang Ketua  JPKP.

Oleh karena Fajri berharap, kepada setiap kepala desa di Aceh Jaya harus senantiasa belajar keterbukaan publik dalam mengelola dana desa gara tidak terjadinya indikasi korupsi dan manipilulasi penggunaan anggaran karena anggaran yang di kelola desa sangat besar.

Penulis : Musliadi Teunom

Editor   : MG

Comments

comments