5 September 2017
redaksi pelita 8 (2059 articles)

Indonesia Bantu Krisis Muslim Rohingya yang Memanas

Pelita8.com@ anak-anak muslim Rohingya di Desa U Shey Kya, Myanmar. Foto : Reuters.

 

JAKARTA – Sebagaimana yang diberitakan oleh Channel News Asia yang dikutip Senin (4/9/2017), kurang lebih dari 2.600 rumah milik warga Rohingnya hangus terbakar. sekarang hanya terlihat puing-puing banggunan dan tumpukan abu yang dengan mudah berbawa angin. Tragedi itu membuat wilayah di barat laut Myanmar kembali mencekam.

Saat Konflik Myanmar Pecah, data UNHCR mencatat, 58.600 warga Rohingya kabur ke Bangladesh. Kendati demikian, Muslim Rohingya yang telah mencoba kabur pun dikatakan masih tetap dikejar-kejar tentara Myanmar. Hingga kini, bantuan kemanusiaan Perserikatan Bangsa Bangsa (PBB) masih sulit menjangkau kelompok Rohingya.

Menghadapi krisis kemanusiaan yang terjadi di Myanmar, Indonesia didesak mengambil peran, dan benar saja, Presiden Joko Widodo (Jokowi) tak tinggal diam. Mantan Gubernur DKI Jakarta itu pun langsung menyusun langkah-langkah dalam menanggapi konflik tersebut.

Pemerintah Indonesia mengungkap bila saat ini tengah mengembangkan proyek pembangunan fasilitas pendidikan dan kesehatan untuk etnis Rohingya dan warga sipil terdampak konflik di Rakhine, Myanmar. Hal itu diutarakan satu pekan pasca bentrokan bersenjata antara tentara pemerintah Myanmar dengan kelompok pemberontak Rohingya yang membuat sekitar 100 orang meregang nyawa.

Sebelumnya, Swadaya masyarakat yang bergerak di bidang kemanusiaan untuk membantu krisis humaniter terhadap Muslim Rohingya dan warga sipil terdampak konflik di Rakhine, Myanmar. Melalui Kwartir Nasional Gerakan Pramuka mengirim hewan kurban berupa sapi dan kambing pada warga Rohingnya Myanmar saat Idul Adha, Jumat (1/9/2017). Pengiriman dipimpin langsung Andalan Nasional Kwarnas Gerakan Pramuka Bidang Pengabdian Masyarakat dan Siaga Bencana Eko Sulistio.

 

Editor : MS

Comments

comments