28 November 2017
redaksi pelita 8 (2387 articles)

IAIN Lhokseumawe Gelar Seminar Nasional Matematika

LHOKSEUMAWE –  Institute Agama Islam Negeri (IAIN) Lhokseumawe menjadi tuan rumah  Seminar Nasional Matematika dan Terapan (SiManTap) ke-8, yang berlangsung dua hari 28-29 November 2017. Kegiatan yang dilaksanakan di Gedung Syari’ah kampus setempat tersebut di ikuti  oleh 400 perserta dari berbagai kalangan terdiri dari mahasiswa, para dosen, praktisi, pemerhati pendidikan, matematikawan, pendidik, pengguna dan penggemar matematika

Ketua panitia pelaksana Rosimanidar mengatakan , sekitar 131 makalah matematika dan terapan  di presentasikan dalam forum ini,  disebutkan juga  Prof. Dr. Milagros Baldemor  dari Don Mariano Marcos Memorial State University Philippine menjadi  Keynote Speaker (Pembicara kunci )  di awal seminar tampil juga tiga pembicara utama lainnya yaitu  Dr. H. Hafifuddin, M. Ag (IAIN Lhokseumawe), Prof. Dr. Saib Suwilo (Universitas Sumatera Utara), Dr. Rahmah Johar, M.Pd dan Dr. Siti Rusdiana, M.Eng (Universitas Syiah Kuala).

” Ini  kegiatan rutin Himpunan Matematika Indonesia, Indonesian Mathematical Society  atau IndoMS yang sudah berlangsung sejak tahun 2010, forum ini menjadi  wadah bertukar ide dan  pengalaman mengenai penelitian dan penerapan bidang matematika  sesuai dengan isu yang sedang berkembang, alhamdulillah tahun ini, Jurusan Tadris Matematika  Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan (FTIK) IAIN Lhokseumawe mendapat kepercayaan untuk menjadi tuan rumah untuk pelaksanaan SiManTap 2017 Ke-8.” ujar Rosimanidar

Dirincikan,  131  pemakalah yang ikut meramaikan seminar berasal dari Universitas Brawijaya (Unibraw), ITS, IAIN Ternate, USU, Unsyiah, UIN Sumatera Utara, UIN Ar-Raniry,  Universitas HKBP Nommensen, Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara (UMSU), STKIP Budidaya Binjai, STKIP Tapanuli Selatan, Universitas Sisingamangaraja XII Tapanuli,Universitas Jabal Ghafur (UNIGHA), Universitas Graha Nusantara Padang Sidempuan, Politeknik Lhokseumawe, Unsyiah, Unimal, IAIN Zawiyah Cot Kala dan IAIN Lhokseumawe.

Selain Seminar juga dilakukan penandatanganan kerja sama antara Gubernur IndoMS, Universitas Brawijaya, IAIN Ternate dengan Rektor IAIN Lhokseumawe, Dekan Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan serta Ketua Jurusan Tadris Matematika. (ril)

 

Comments

comments